Jokowi Janjikan Pekan Depan Bantuan Modal Kerja Darurat Rp2,4 Juta Cair

Presiden Jokowi akan menyalurkan bantuan modal kerja darurat senilai Rp2,4 juta kepada 9,1 juta pelaku usaha kecil pekan depan.

Jokowi Janjikan Pekan Depan Bantuan Modal Kerja Darurat Rp2,4 Juta Cair Presiden Jokowi membagikan secara simbolis bantuan modal kerja kepada sekitar 9 juta pelaku usaha mikro. (Istimewa/Setpres)

    Madiunpos.om, JAKARTA -- Pemerintah terus menggelontorkan bantuan langsung tunai kepada masyarakat untuk mendorong perekonomian yang lesu akibat pandemi corona. Setelah insentif upah pekerja atau tambahan gaji pegawai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggelontorkan bantuan modal kerja darurat untuk pelaku usaha mikro. Nilainya Rp2,4 juta.

    Jokowi memastikan bantuan itu akan ditransfer langsung ke rekening penerima minggu depan. Jumlah penerimanya mencapai 9,1 juta. "Jadi bapak ibu semuanya kita undang di sini. Ini mengawali terlebih dahulu sebelum nanti pembukaan besarnya nanti di minggu depan untuk yang 9,1 juta pengusaha di seluruh Tanah Air. [Bantuan] akan dikirim lewat transfer semuanya," ucapnya seperti dilansir dari live YouTube akun @Sekretariat Presiden, Rabu (19/8/2020).

    Jokowi menerangkan bantuan modal kerja darurat ini diharapkan bisa menambah modal kerja para pengusaha mikro yang terdampak pandemi COVID-19. "Kita tahu dalam masa pandemi seperti ini, kita juga merasakan betapa sangat sulitnya. Tapi bukan hanya yang kecil,  yang tengah, yang gede juga sulit semuanya. Oleh karena itu kita harus bekerja lebih keras lagi, agar bisa kembali ke situasi normal seperti sebelum pandemi Covid-19, saya harapkan itu," tuturnya, seperti dikutip dari detik.com.

    Siap-Siap Cek Rekening, Bantuan Insentif Upah akan Cair Pada 25 Agustus!

    Wiwi, pedagang kelontong rumahan menumpahkan keluh kesahnya di depan Jokowi. Ibu 4 anak itu mengaku mengalami penurunan omzet yang sangat drastis dari Rp1 juta per hari menjadi hanya Rp100.000 per hari.

    "Saya dagang pulsa juga, dagang kopi, Indomie. Saya lumayan pak sehari saya bisa dapat Rp700.000 sampai Rp 1 juta. Tapi setelah Covid-19 langsung turun drastis. Saya sehari itu bisa dapat uang Rp100.000 aja udah bersyukur Pak. Kebetulan saya punya 4 orang anak. Anak saya SD, SMP, SMK, dan kuliah. Itu sangat sulit," keluhnya dalam Youtube.

    Sambil bergetar suaranya, Wiwi melanjutkan keluhannya. Suaminya hanya pekerja harian. Dengan pemasukan dari warungnya yang turun sangat drastis, sangat sulit baginya untuk membiayai hidup keluarga dan sekolah 4 anaknya itu. "Itu sungguh sangat sangat sulit. Tapi alhamdulillah saya dapat kabar baik kemarin katanya saya dipanggil ke Istana untuk terima bantuan. Terima kasih semoga usaha saya bisa kembali normal," ucapnya.

    Begini Cara Mengecek Apakah Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan Insentif Upah Rp600.000/Bulan

    Jangan Menyerah

    Jokowi hanya berpesan agar para pelaku usaha mikro tak kenal menyerah dan terus bekerja keras. Jokowi meyakini masa sulit ini pasti ada ujungnya. Ketika vaksin sudah dipergunakan secara luas, dia yakin ekonomi akan pulih. "Ini pasti ada akhirnya kok. Jadi kalau vaksin sudah ketemu, perkiraan nanti bulan Januari ini sudah bisa dilakukan vaksinasi, nah itulah yang akan kembali ke situasi seperti sebelumnya," ucapnya.

    Selain Wiwi ada juga Iin, pedagang telur gulung dari Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Dia mengeluhkan tamu wisata di Pulau Pramuka yang hilang sehingga dagangnya drop.

    "Ya semuanya harus kerja lebih keras lagi dalam situasi yang tidak normal ini. Tapi sekali lagi suatu saat nanti kita pasti bisa kembali ke normal. Saat ini vaksinnya baru proses diuji, ini proses uji klinis yang ketiga, sudah dicoba ke sukarelawan, ke manusia. Saya harapkan, syukur nanti doa bapak ibu semuanya bisa maju lebih cepat ya alhamdulillah," jawab Jokowi.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.