Kabupaten Ponorogo Terima Ribuan Dosis Vaksin PMK, Prioritas untuk Sapi Perah di Kecamatan Pudak

Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menerima jatah vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 8.000 dosis dari pemerintah pusat.

Kabupaten Ponorogo Terima Ribuan Dosis Vaksin PMK, Prioritas untuk Sapi Perah di Kecamatan Pudak Petugas Dispertahankan Ponorogo menyimpan vaksin PMK, Jumat (24/6/2022). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menerima jatah vaksin untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 8.000 dosis. Vaksin PMK ini menjadi harapan karena saat ini penyakit tersebut telah menjadi wabah yang ditakuti para peternak di Ponorogo.

    Vaksin PMK dari pemerintah pusat itu diterima dalam botol berukuran 200 mililiter bertuliskan Merial Aftopor pada Jumat (24/6/2022). Saat ini vaksin tersebut disimpan di kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perkinan (Dispertahankan) Ponorogo.

    “[vaksin] Diambil dari Dinas Peternakan Jawa Timur di Surabaya,” kata Kepala Bidang Peternakan Dispertahankan Ponorogo, Siti Barokah.

    Dia menuturkan 8.000 dosis vaksin PMK itu rencananya akan disuntikkan ke 7.000 ekor sapi perah dan 1.000 ekor sapi potong di Ponorogo.

    Baca Juga: Sedih! Petani Madiun Merugi karena Tanaman Tomat Rusak Diserang Hama

    Untuk satu botol vaksin dapat disuntikkan ke 100 ekor sapi dengan dosis sekali suntik dua mililiter. Penyuntikan dosis pertama segera dilakukan dengan sasaran sapi perah di Kecamatan Pudak. Hal ini karena daerah tersebut menjadi yang terparah dalam wabah PMK.

    Barokah menuturkan jarak penyuntikan antara vaksin dosis pertama dan kedua masih menunggu arahan dari Dinas Peternakan Jatim. Sampai saat ini aturan mengenai penyuntikan dosis tersebut sempat berubah-ubah.

    “Ketersediaan vaksin dosis kedua nanti juga menunggu dari provinsi,” jelasnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.