#Kamis Misteri: Telaga Ngebel Ponorogo dan Kisah Naga Baru Klinting yang Berubah Jadi Anak Kecil

Telaga Ngebel di Ponorogo Jawa Timur menyimpan misteri tentang sosok naga raksasa bernama Baru Klinting.

#Kamis Misteri: Telaga Ngebel Ponorogo dan Kisah Naga Baru Klinting yang Berubah Jadi Anak Kecil Patung legenda ular naga Baru Klinting di pinggir telaga. (nativeindonesia.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO – Telaga Ngebel adalah salah satu danau alami di Indonesia di Ponorogo. Lokasinya di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

    Danau yang cukup luas ini memiliki keliling sepanjang 5 km. Air telaga ini dipasok dari berbagai sumber. Sumber air yang cukup deras berasal dari Kanal Selatan. Selain itu, ada sebuah sungai yang mengalir di Telaga Ngebel yang di bagian hulunya terdapat air terjun yang diberi nama Air Terjun Toyomarto. Telaga Ngebel juga dimanfaatkan sebagai sumber air untuk peternakan ikan dan pengairan warga sekitar.

    Di balik keindahannya, Telaga Ngebel menyimpan legenda lama yang berbau mistis tentang ular naga bernama Baru Klinting. Channel Youtube @Taje Tv mengungkap misteri tentang ular naga di Telaga Ngebel. Cerita utamanya mengisahkan sosok Baru Klinting yang ingin memberikan pelajaran kepada warga sekitar agar tidak sombong. Baru Klinting merupakan sosok makhluk gaib berupa naga raksasa. Masyarakat setempat meyakini bahwa naga Baru Klinting tersebut jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin.

    #Kamis Misteri: Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa Tempat Kerajaan Jin Berada

    Melansir wikipedia.org, Kamis (24/9/2020), kala itu Sang Patih sedang bermeditasi dengan wujud ular dan secara tak sengaja ada seorang warga yang membawa ular jelmaan tersebut ke desa.

    Sesampainya di desa, ular jelmaan tersebut hendak dijadikan makanan karena ukuran tubuhnya yang besar. Sebelum dipotong, ular tersebut secara ajaib menjelma menjadi anak kecil, yang kemudian mendatangi masyarakat dan memutuskan untuk mengadakan sayembara.

    Batoro Katong

    Sang bocah kemudian menancapkan lidi di tanah, namun tidak ada yang berhasil mencabutnya. Bocah itu sendiri yang akhirnya berhasil mencabutnya. Dari lubang bekas ditancapnya lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk sebuah telaga. Oleh penduduk sekitar, telaga tersebut diberi nama Telaga Ngebel yang berarti telaga yang mengeluarkan bau.

    #Kamis Misteri: Bercak Darah di SMA Tugu Malang yang Dikenal Angker

    Legenda Telaga Ngebel ini konon terkait erat dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo. Konon salah seorang pendiri Kabupaten Ponorogo yakni Batoro Katong sebelum melakukan syiar Islam di Kabupaten Ponorogo mensucikan diri dahulu di mata air. Mata air ini ada di dekat Telaga Ngebel yang kini dikenal sebagai Kucur Batoro.

    Setiap 1 Muharram di Telaga Ngebel selalu diadakan larungan tumpeng oleh Masyarakat Ponorogo. Tumpeng tersebut diarahkan ke tengah-tengah telaga dan dibiarkan tenggelam begitu saja. Tradisi larungan tersebut telah berlangsung bertahun-tahun.

     

     

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.