Kasus Covid-19 Melonjak, RSUD Ponorogo Tambah 77 Tempat Tidur

Manajemen RSUD dr. Harjono Ponorogo bakal mengubah fungsi ruang perawatan penyakit umum menjadi ruang isolasi Covid-19.

Kasus Covid-19 Melonjak, RSUD Ponorogo Tambah 77 Tempat Tidur Tim medis merawat pasien Covid-19 di area parkir karyawan RSUD dr. Harjono Ponorogo, Rabu (7/7/2021). (Istimewa/Ponorogo.go.id)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Manajemen RSUD dr. Harjono Ponorogo bakal mengubah fungsi ruang perawatan penyakit umum menjadi ruang isolasi Covid-19. Hal ini dilakukan mengingat kasus Covid-19 di Ponorogo meningkat tajam dalam dua pekan terakhir.

    Direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo, Made Jeren, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk melakukan pengkondisian sejumlah ruang di rumah sakit pelat merah milik Pemkab Ponorogo itu.

    “Kita mengkondisikan beberapa ruangan. Dari situ kita bisa menambah 77 tempat tidur untuk perawatan Covid-19. Pengkondisian tersebut sedang berjalan sampai satu atau dua hari ke depan,” kata dia yang dikutip dari situs resmi Pemkab Ponorogo, Kamis (8/7/2021).

    Waduh! 20 Daerah di Jatim Zona Merah, 4 Daerah Ada di Madiun Raya

    Made menuturkan pada Rabu (7/7/2021) pagi sudah ada 25% dari total tempat tidur tambahan yang sudah dioperasikan. Penamabahan tempat tidur akan terus dilakukan hingga ruangan itu siap menampung pasien Covid-19.

    Dengan penambahan tempat tidur ini, kata dia, total tempat tidur khusus pasien Covid-19 menjadi 131 tempat tidur. Sebelumnya hanya 54 tempat tidur pasien Covid-19 di RSUD dr. Harjono.

    “Jadi, yang ada di tenda bisa segera beralih ke ruangan. Maka akan lebih baik penanganan dan kondisi lingkungannya,” kata dia.

    Sampai saat ini, total pasien yang dirawat di RSUD dr. Harjono ada 98 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 70 pasien berada di ruang rawat, termasuk di ruangan baru. Sedangkan 28 pasien lainnya berada di tenda yang didirikan BPBD Ponorogo beberapa waktu lalu dan di area parkir karyawan rumah sakit.

    Beda Mazhab Sebabkan Perselisihan, Suami-Istri di Madiun Akhirnya Bercerai

    “Sementara ini, seluruh tempat tidur Covid-19 terisi. Kita berharap penambahan bisa segera selesai dan pasien tertampung di ruang perawatan yang memadai,” jelas Made.

    Wakil Direktur Bidang Medik RSUD dr. Harjono, Enggar Triaji Sambodo, mengatakan BPBD Ponorogo menambah satu lagi tenda untuk ruang isolasi pasien Covid-19. Tenda itu didirikan di area parkir karyawan rumah sakit atau berdampingan dengan tenda sebelumnya. Hal ini supaya pasien yang sempat dirawat di area parkir karyawan bisa dirawat sementara di tenda, bukan di area terbuka.

    “Tempat tidur di ruangan penuh sehingga ditambah tenda. Tenda satu penuh, ditambah satu tenda lagi plus kita kondisikan ruangan-ruangan lain. Harapannya semua tertampung dengan penanganan yang memadai,” jelasnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.