Kasus Positif Covid-19 Melonjak, 1.000 Warga Ponorogo Jalani Rapid Test

Sebanyak 1.000 warga yang kontak erat pasien positif Covid-19 di Ponorogo menjalani rapid test.

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, 1.000 Warga Ponorogo Jalani Rapid Test Ilustrasi virus corona jenis baru atau Covid-19. (Suara.com/Shutterstock)
    Madiunpos.com, PONOROGO -- Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ponorogo dalam beberapa hari terakhir meningkat tajam. Pemerintah Kabupaten Ponorogo pun secara massif melakukan rapid test dan tes swab kepada seluruh kontak erat pasien positif.

    Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan dalam tiga hari terakhir lebih dari 1.000 orang menjalani rapid test. Seribuan orang yang menjalani rapid test ini merupakan hasil tracing kasus Panjeng, Patihan Kidul, Pondok Gontor 2, dan kasus konfirmasi lainnya.

    "Saat ini juga ada pengambilan spesimen swab terhadap 166 orang. Ini merupakan kontak erat kasus Panjeng, Patihan Kidul, Pondok Gontor 2, dan kasus konfirmasi lainnya," jelas Ipong, Sabtu malam.

    Banyak Orang Datangi Rumahnya, Giman Akui Kerjaannya Jadi Terkendala

    Ipong menyampaikan selain melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat pasien. Pemkab juga memberlakukan karantina wilayah di sejumlah daerah yang menjadi pusat persebaran Covid-19.

    Beberapa titik yang menjalani karantina wilayah yaitu di Jl. Godang di Patihan Kidul. Desa Panjeng, Kecamatan Jenangan, juga masih menjalani karantina wilayah.

    Panglima TNI dan Kapolri Apresiasi Pendekar Waras, Inovasi Pencegahan Covid-19 Pemkot Madiun

    "Ini upaya lain untuk mempercepat penangan Covid-19 di Ponorogo," jelas Ipong.

    Lebih lanjut, dia menambahkan pemkab menambah kapasitas perawatan di rumah sakit sebanyak dua kali lipat. Pemerintah juga menyiagakan ruang isolasi yang ada di desa-desa.

    Seperti diberitakan sebelumnya, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ponorogo naik signifikan pada Sabtu (11/7/2020). Sabtu ini ada tambahan empat kasus positif baru.

    Kasus Positif Covid-19 Ponorogo Naik Terus! Sabtu Ini Ada Tambahan 4 Pasien Baru

    Dari tambahan empat kasus tersebut, akumulasi kasus positif ada 81 pasien. Ada 33 pasien yang dinyatakan sembuh. Untuk pasien yang diisolasi di rumah sakit ada 34 orang, isolasi mandiri ada tiga orang, isolasi di shelter sembilan orang, dan pasien meninggal dunia ada tiga orang.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.