Keren, Dalang Cilik Asal Madiun Ini Raih Penghargaan Dalang Terbaik

Seorang siswa SMPN 2 Madiun berhasil mendapat gelar Dalang Terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020.

Keren, Dalang Cilik Asal Madiun Ini Raih Penghargaan Dalang Terbaik Potret Nabil saat mendalang. (instagram.com/@madiuntoday.id)

    Madiunpos.com, MADIUN – Seorang dalang cilik dari Madiun membuktikan kesenian Indonesia patut  dibanggakan. Dia adalah Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang. Siswa kelas VIII SMPN 2 Madiun itu telah mendapat banyak gelar juara dari bakatnya sebagai dalang di berbagai event.

    Seorang dalang harus mahir memainkan dan menceritakan lakon dalam pewayangan. Kemampuan sebagai dalang terbilang cukup sulit. Seorang dalang harus piawai merangkai cerita.

    Di usia yang masih sangat belia, kepiawaian Nabil dalam bakatnya sebagai dalang patut mendapat apresiasi. Dikutip dari madiuntoday.id, Rabu (18/11/2020), Nabil baru saja berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Dalang Terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020 kelompok Kategori B (usia 12-15 tahun). Festival itu diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, pada 7-16 November.

    Gempar! Mayat Bayi di Jember Diduga Dibakar Hidup-Hidup

    Pada kompetisi yang diselenggarakan secara virtual itu, Nabil membawakan lakon Tali Brangta. Kisah itu menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu yang melarung putranya agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Setelah dewasa, sang putra akhirnya tumbuh menjadi ksatria yang tangguh. Bahkan, mampu mengalahkan ksatria lainnya dari kalangan ningrat. Sang putra itu adalah Karna Basusena.

    Nabil mengungkapkan kesulitan yang dia alami saat menceritakan lakon yang dibawakannya adalah pada bagian Kunti dan Karna.

    “Bagian Kunti dan Karna ini yang paling susah,”ungkapnya.

    Perbukitan di Tulungagung Longsor, Penambang Batu Tertimbun

    Bikin Bangga

    Waktu empat hari dimanfaatkan Nabil untuk berlatih hingga dia mampu memainkan lakon Tali Brangta dengan sempurna. Penilaian dalam event itu diambil dari segi alur cerita, tutur kata, sabetan, hingga penguasaan karawitan. Nabil mendapatkan rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan peserta lainnya. Nabil pun dinobatkan sebagai Dalang Terbaik pada event tahun ini.

    Ayah Nabil, Rudi Erlambang, menjelaskan kemenangan sang putra ini dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya cerita atau lakon yang dibawakan sesuai dengan alur yang dapat dipahami anak-anak seusia Nabil serta mampu menjadi pembelajaran bagi anak-anak tentang semangat dan kegigihan dalam meraih prestasi.

    Mamah Dedeh Positif Kena Covid-19

    Rudi mengaku banggga dengan prestasi yang berhasil diraih oleh putranya. Menurutnya, prestasi ini juga sebagai persembahan dari Nabil kepada Pemerintah Kota Madiun yang telah memfasilitasi dalam perlombaan serta mendukung pendidikan akademiknya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.