KISAH UNIK : Wow, Wedangan di Magetan Sediakan Menu Berbahan Bekatul!

KISAH UNIK : Wow, Wedangan di Magetan Sediakan Menu Berbahan Bekatul! Pengunjung menikmati sajian makanan dari bahan dasar bekatul di wedangan Waroeng Katoel MazgenkFood di Magetan, Jatim. (Facebook)

    Kisah unit tersiar dari pengelola wedangan atau warung dengan hidangan utama minuman hangat di Magetan, Jawa Timur yang menyediakan pula masakan berbahan dasar bekatul dalam menunya.

    Madiunpos.com, MAGETAN — Wedangan atau warung penyedia minuman hangat bertajuk Waroeng Katoel Mazgenkfdood di Desa Sukowidi, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim) mengguratkan kisah unik. Warung itu menyediakan makanan unik berbahan dasar bekatul atau dedak lunak.

    Selama ini, dedak atau serbuk halus dari kulit padi itu lazim dimanfaatkan peternak untuk makanan ayam, itik, dan hewan ternak lainnya. Siapa sangka dedak lunak yang disebut bekatul justru banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood yang mebukukan kisah unik ini membuktikannya.

    Wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood mengolah bekatul menjadi beragam olahan kuliner, antara lain botok bekatul, bubur atau jenang katul, kopi wedang katul, serta sambel katul yang bisa dipadu dengan aneka penyetan sesuai selera. Wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood menjamin semua makanan yang disajikan dari bahan dasar bekatul halal dan layak dikonsumsi.

    "100% halal. Dengan mengonsumsi bekatul dua sendok makan setiap hari, bisa memperlancar buang air besar, menambah kesehatan tubuh, serta membuat tubuh tidak cepat lelah," kata pemilik Wedangan Waroeng Katoel MazgenkFood, Sugeng, saat dihubungi Madiunpos.com, Sabtu (26/9/2015).

    Kaya Manfaat

    Makanan dari bahan dasar bekatul di wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood di Magetan, Jatim. (Facebook)
    Makanan dari bahan dasar bekatul di wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood di Magetan, Jatim. (Facebook)

    Sugeng menyampaikan bekatul sangat kaya dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamun B kompleks, dan dietary fiber atau serat pencernaan. Khasiat bekatul tepung mata beras, lanjut dia, mampu menghalusjan kulit kasar, membantu menurunkan berat badan, terlindungi dari penyakit beri-beri, menurunkan kadar gula dan kolesterol, obat asma, serta menangani diabetes.

    "Kasiat bekatul yang dicampur dengan gula dan jahe dapat menghangatkan tubuh, menguatkan lambung, mencegah masuk angin, mengaktifkan sirkulasi darah, dan memperbaiki saluran pencernaan. Bekatul yang dicampur kunyit dan temulawak juga memiliki khasiat cukup banyak, seperti membersihkan darah, mengatasi gangguan liver, dan lain sebagainya," ujar Sugeng.

    Bukan hanya itu, menurut Sugeng, bekatul yang dikonsumsi dengan sari kedelai juga memiliki khasiat bagi tubuh. Dia menyebut khasiat bekatul dengan sari kedelai, antara lain meningkatkan fungsi otak dan jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker dengan kandungan anti oksidannya yang tinggi, mencegah osteoporosis, serta memelihara kesehatan tulang.

    "Makanan olahan bekatul ini awalnya hanya dikonsumsi anggota keluarga kami, turun temurun dari nenek. Setelah mengetahui banyak manfaatnya, kami coba mengembangkan dengan cara menjual makanan dari bekatul itu. Syukur, makanan olahan bekatul semakin diminati banyak orang," jelas Sugeng.

    Resep Warisan Nenek
    Sugeng menyebut 200 sampai 500 bungkus botok bekatul biasanya ludes dalam sehari. Tidak hanya dimakan di Wedangan Waroeng Katoel MazgenkFood, menurut dia, botok bekatul kerap dibeli warga luar Magetan untuk dijadikan oleh-oleh. Sugeng mengatakan botok bekatul banyak dikonsumsi orang lanjut usia yang disarankan dokter untuk menanggulangi diabetes dan penyakit lainnya.

    "Kami sudah menekuni usaha makanan olahan dari bahan dasar bekatul sejak 2014. Kami tetap menjual olahan makanan tersebut dengan harga yang cukup terjangkau, yakni botok bekatul Rp2.000 per bungkus, bubur katul Rp3.000 per bungkus, sambel katul Rp3.000 per porsi, sedangkan rawon dan soto daging Rp5.000 per porsi," terang Sugeng.

    Siapa sangka pengolah masakan berbahan dasar bekatul dalam kisah unik ini memasukkan unsure teknologi maju dalam pemasaran produknya. Sugeng menjelaskan olahan makanan unik berbahan dasar bekatul yang tersedia di Wedangan Waroeng Katoel Mazgenkfood bisa diperoleh dengan cara dipesan melalui nomor telepon 081946517317 atau melalui aplilasi BBM di PIN 21F51B91.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.