Kota Madiun Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang Top BUMD Awards 2023

Kota Madiun meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Top BUMD Awards 2023.

Kota Madiun Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang Top BUMD Awards 2023 Wali Kota Madiun, Maidi, menerima penghargaan dalam Top BUMD Awards 2023 di Jakarta, Rabu (5/4/2023). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Prestasi demi prestasi terus diraih oleh Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur. Dalam ajang Top BUMD Awards 2023, Kota Madiun memborong tiga penghargaan sekaligus.

    Pertama, kategori Top BUMD Award Bintang 5 untuk Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun. Kemudian penghargaan kedua diraih Wali Kota Madiun, Maidi, yang mendapatkan Top Pembina BUMD 2023.

    Penghargaan ketiga yaitu diraih Suyoto, selaku Dirut Perumda Tirta Taman Sari, yang meraih Top CEO BUMD 2023.

    Untuk penghargaan Top BUMD Award Bintang 5 yang diraih Perumda Tirta Taman Sari merupakan kali ketiga secara berturut-turut. Pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan penghargaan Top BUMD Awards 2023 tersebut diberikan kepada BUMD atau badan usaha milik daerah unggulan yang ada di seluruh Tanah Air. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Top Business ini diikuti 200 BUMD pada 2023 ini.

    Baca Juga: Tiket KA Lebaran 2023 yang Berangkat dari Wilayah Madiun Sudah Terjual 85%

    Dia mengakui untuk mendapat penghargaan di ajang ini tidak mudah, penuh perjuangan. Apalagi penghargaan ini tingkat nasional, tentu saingannya dari BUMD terbaik dari berbagai daerah.

    Mengenai penilaian, kata dia, mulai dari segi pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan. Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvemen/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

    Maidi menyampaikan terdapat perubahan manajemen dalam perjalanan Perumda di Kota Madiun, yaitu dari orientasi sosial-bisnis menjadi bisnis-sosial. Perubahan ini terbukti memberikan banyak perubahan. Mulai dari peningkatan pendapatan dan meminimalkan kebocoran. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai.

    Meski demikian, kata Maidi, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Perusahaan tidak hanya mengutamakan keuntungan semata. Namun, juga mengedepankan kegiatan sosial.

    Baca Juga: Dukung Kesetaraan Gender, Program Kewirausahaan Telkom Optimalkan Peluang UMKM

    PDAM Kota Madiun juga memiliki banyak program sosial, seperti program sambungan gratis, bantuan sembako, jaminan sosial tenaga kerja untuk marbot masjid, guru TPA, penjaga makam, dan lainnya.

    “Kinerja PDAM kita cukup bagus ya. Memang kita coba dari manajemen sosial-bisnis ke bisnis-sosial. Ini terbukti pendapatan kita jadi tinggi dan kesejahteraan meningkat,” jelas dia.

    Wali Kota berharap PDAM Kota Madiun tidak cepat berpuas diri atas prestasi yang diraih. Apalagi, saat ini masih ada capaian yang lebih tinggi lagi, yaitu Top BUMD Awards kategori Platinum.

    Penghargaan ini untuk BUMD yang berhasil meraih bintang 5 secara berturut-turut. Untuk itu, Maidi berharap penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk lebih baik lagi. Bukan hanya urusan bisnis, tetapi juga urusan sosialnya.

    “Selalu kita tanamankan kepada karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan. Namun, tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,” jelas dia.

    Top BUMD Awards ini merupakan hasil kerja bersama Institur Otonomi Daerah (I-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi, dan konsultan bisnis. Selain itu, award ini juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI. (ADV)



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.