Legislator Sesalkan Pergelaran Seni di Alun-alun Surabaya Abai Protokol Kesehatan

Komisi D DPRD Kota Surabaya menyayangkan langkah pemkot menggelar pergelaran seni saat peresmian alun-alun tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Legislator Sesalkan Pergelaran Seni di Alun-alun Surabaya Abai Protokol Kesehatan Alun-Alun Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto menyayangkan langkah pemkot menggelar pergelaran seni saat peresmian alun-alun tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Komisi D berencana mengundang Pemkot Surabaya guna membahas pengelolaan alun-alun selama pandemi.

    Pergelaran seni yang dimaksud itu merupakan rangkaian peresmian Alun-alun Surabaya di Komplek Balai Pemuda pada 19-25 Agustus 2020.

    Herlina mengatakan pemanfaatan alun-alun sebagai pusat hiburan dan kesenian untuk masyarakat Surabaya patut diapresiasi. Namun, Pemkot sebaiknya tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

    Jadi Zona Merah Lagi, Pemkot Surabaya Tetap Fasilitasi Kegiatan yang Menimbulkan Kerumunan

    "Hanya saja menjadi tidak elok, ketika pemerintah kota memfasilitasi dan menciptakan kerumunan untuk warga," kata Herlina, seperti dilansir Antara, Jumat (21/8/2020).

    Ia menjelaskan Surabaya sempat berada di zona oranye selama dua pekan ini. Hal ini menunjukkan ada perbaikan penanganan oleh pemerintah dan perilaku masyarakat dalam mencegah dan menangani Covid-19.

    Namun, berdasarkan peta risiko pada situs resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional yang diperbarui per 16 Agustus, zonasi Surabaya kembali berstatus merah.

    "Bisa jadi penanganan yang dilakukan pemerintah kota longgar, atau warga yang menjadi lengah. Penerapan prinsip hidup sehat bersih dan jaga jarak harus terus dilakukan masif dan tanpa henti," imbuh dia.

    80.000 Orang Disahkan Jadi Warga Baru PSHT Pada Sura Tahun Ini

    Menanggapi hal itu, Komisi D berencana akan mengundang pemerintah kota terkait pengelolaan Alun-Alun Surabaya dan protokol kesehatan dalam waktu dekat.

    Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, mengatakan hasil rapat di pemkot mulai Jumat ini kegiatan rangkaian peresmian Alun-Alun Surabaya di Balai Pemuda dihentikan.

    "Sebenarnya kegiatan itu untuk mengakomodir kemauan dari pelaku seni di Surabaya. Tapi kita tidak menduga kalau antusias warga yang menonton begitu tinggi sehingga untuk sementara kegiatan dihentikan," ujar dia.

    Bom Peninggalan PD II Ditemukan di Tepi Sungai Nganjuk, Brimob Polda Jatim Didatangkan Untuk Evakuasi



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.