Lima Aplikasi Yang Buat Hobi Bersepeda Anda Lebih Maksimal

Sejumlah aplikasi tersedia di Android maupun IOs untuk memaksimalkan hobi bersepeda.

Lima Aplikasi Yang Buat Hobi Bersepeda Anda Lebih Maksimal Sejumlah aplikasi tersedia untuk memaksimalkan hobi bersepeda Anda. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN — Bersepeda menjadi olahraga paling populer di masa pandemi corona seperti sekarang. Untuk mengukur sejauh mana jarak, waktu, dan perkembangan bersepeda Anda, ada beberapa aplikasi yang bisa kita pakai.

    Aplikasi sepeda sangat membantu para penggunanya. Kegiatan olahraga sepeda bisa terukur dengan baik, rutenya bisa diatur yang aman, dan yang lebih seru adalah bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman lain yang bersepeda juga.

    Di Android dan iOS ada banyak banget aplikasi pesepeda. Ada yang gratis dan ada juga yang bayar. Namun aplikasi gratis bukan artinya jelek lho.

    PeduliLindungi, Aplikasi Buatan Pemerintah Untuk Jaga Masyarakat dari Covid-19

    Banyak aplikasi pesepeda yang gratis tapi fitur-fiturnya cukup oke. Inilah 5 aplikasi pesepeda yang gratis dan bagus seperti dikutip Madiunpos.com dari detik.com:

    1. Strava

    Aplikasi Strava (screenshot)

    Berbagai website gaya hidup sehat dan sepeda seperti Cycling Weekly, Bikeradar dan Quadlock bersepakat kalau aplikasi sepeda paling bagus untuk tahun 2020 adalah Strava. Aplikasi ini gratis dan bisa diuprade ke premiun dengan USD 9,99/bulan.

    Strava memang bukan cuma untuk pesepada. Aplikasi ini juga bisa untuk jogging dan kegiatan olahraga lain. Enaknya, Strava lebih seperti media sosial penggemar olahraga.

    Mau Daftar Kuliah Tanpa Repot, Cukup Buka Aplikasi Ini

    Strava punya fitur untuk mengukur seberapa jauh kamu bersepeda. Tapi selain itu bisa follow teman lain dan melihat bagaimana mereka berolahraga. Kemudian, bisa sama-sama bikin leaderboard untuk mengadu siapa yang paling rajin bersepeda di antara kamu dan teman-teman dekatmu.

    2. MapMyRide

    Aplikasi MapMyRide (screenshot)

    Kalau bingung cari rute bersepeda yang aman untuk kerja atau olahraga, atau menemukan rute asyik tapi takut lupa, maka jangan khawatir lagi. Aplikasi MapMyRide mungkin cocok untuk kamu. MapMyRide tersedia gratis di Android dan iOS serta ada opsi premium.

    Aplikasi ini menyediakan fitur latihan, analisis performa, dan statistik berbasis GPS di smartphone. Dari durasi, jarak, pace, speed, kalori dan rute baru semua dipantau. MapMyRide juga ada komunitasnya jadi kamu bisa share hasil bersepeda kamu dengan yang lain.

    Awas! Aplikasi Android Edit Video Ini berbahaya, Hapus Segera

    Kamu bisa juga share hasil bersepeda ke Facebook dan Twitter. Kamu bisa rancang rute sendiri atau rute yang sudah dipakai umum. Aplikasi sepeda ini juga bisa terkoneksi dengan apps dan wearable lain seperti Garmin dan Fitbit.

    3. Cyclemeter

    Aplikasi Cyclemeter (screenshot)

    Aplikasi Cyclemeter dirancang untuk penikmat bersepeda. Fiturnya lengkap dari peta, grafik, interval, zona, log latihan, dan membuatnya jadi komputer sepeda yang keren.

    Tinggal pakai aplikasinya, nanti aplikasinya akan menyusun sendiri data preferensi rute, monitor statistik, waktu tersisa dan jarak. Kamu bisa menyetel penanda suara untuk memulai dan menyetop kegiatan bersepeda.

    Aplikasi Covid-19 Karya UMM Diganjar Penghargaan IDEAthon

    Dengan aplikasi sepeda ini kamu juga bisa mendengar komentar dari teman-teman di media sosial lewat remote earphone. Hasil bersepeda bisa kamu share di Facebook, Twitter dan juga aplikasi Strava.

    Nah, mungkin kekurangannya adalah aplikasi eksklusif untuk pengguna iPhone. Aplikasi ini tidak tersedia di Android, padahal gratis.

    4. Komoot

    Aplikasi Komoot (screenshot)

    Bikeradar dan Cycling Weekly menyebutkan aplikasi Komoot patut dicoba pesepeda. Aplikasi sepeda ini disebutkan menambal kekurangan Google Maps yang justru dibutuhkan pesepeda.

    10 Rumah Aman, Aplikasi Buatan Pemerintah Yang Bikin Kamu Nyaman Di Rumah

    Panduan arah di Google Maps kurang menjawab kebutuhan pesepeda. Komoot memakai open source OpenStreetMap database dan menyusun rute yang lebih ramah untuk pesepeda.

    Kamu suka bersepeda di jalan raya, bersepeda gunung atau jalan kerikil, bisa atur-atur rutenya pakai Komoot. Setelah menentukan titik awal dan akhir Komoot akan menganalisa tingkat kesulitan, kebugaran tubuh yang diperlukan dan kondisi medan yang akan dihadapi.

    Komoot tersedia gratis untuk Android dan iOS serta tersedia opsi premium dengan tambahan peta dan fitur.

    5. Google Maps

    Aplikasi Google Maps (screenshot)

    Tidak bisa rasanya menyebutkan aplikasi untuk pesepeda tanpa menyebut Google Maps. Aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone adalah aplikasi paling dasar, paling mudah untuk Anda yang mau bersepeda.

    Ponsel Anda Lemot? Jangan-Jangan Karena Aplikasi Ini

    Google Maps punya fitur jalur sepeda, selain motor, mobil dan kendaraan umum. Cara pakainya pun paling gampang. Tentukan titik tujuan dan Google Maps akan kasih tahu rutenya.

    Fitur sepeda di Google Maps cocok untuk pesepeda untuk tujuan kerja atau jalan-jalan, bukan pegiat olahraga. Kalau mau bersepeda sambil mampir-mampir ke tempat menarik baik itu objek wisata atau tempat makan, Google Maps adalah aplikasi sepeda ideal, gratis, dan pasti ada di setiap iPhone dan Android.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.