Mata Berkunang-Kunang, Inilah Faktor Penyebabnya

Pandangan kabur atau mata berkunang-kunang bisa dialami siapa saja. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata berkunang-kunang.

Mata Berkunang-Kunang, Inilah Faktor Penyebabnya Ilustrasi mata berkunang-kunang. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda sering merasa pusing dan mata berkunang-kunang? Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami mata berkunang-kunang. Kondisi ini mirip dengan vertigo, yaitu penglihatan kabur sesaat.

    Pandangan mata berkunang-kunang atau lightheadedness adalah perasaan seperti akan terasa jatuh pingsan, yang membuat sensasi pusing berkunang-kunang.

    Dilansir dari liputan6.com, Senin (11/1/2021), ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mata berkunang-kunang. Berikut ini beberapa faktornya.

    Tulungagung Geger, Harimau Terlihat di Lereng Gunung Wilis

    1. Gula darah rendah

    Kondisi mata berkunang-kunang bisa terjadi karena kadar gula dalam darah rendah. Hal itu bisa terjadi karena kadar gula dalam darah bisa turun tiba-tiba. Biasanya terjadi pada orang-orang yang mengidap penyakit diabetes atau orang-orang yang sedang melakukan pengobatan yang menggunakan insulin.

    Dengan ketersediaan glukosa yang kurang menyebabkan fungsi otak tidak bisa dimaksimalkan, dan akhirnya menyebabkan sensasi mata berkunang-kunang dan berkeringat.

    1. Tekanan darah rendah

    Hal itu bisa terjadi karena dehidrasi, masalah kesehatan pada jantung, kekurangan vitamin dan folat, serta pendarahan. Tidak hanya menyebabkan mata berkunang-kunang, tekanan darah rendah dapat membuat lemas, mual, bahkan sampai pingsan.

    Saat tekanan darah pada tubuh Anda menurun dengan cepat, oksigen yang dibawa oleh darah tersebut tidak akan sampai ke otak. Hal ini menyebabkan Anda merasa pusing dan mata berkunang-kunang, karena otak tidak memiliki persediaan udara atau oksigen.

    1. Anemia

    Anemia disebabkan oleh hemoglobin di dalam tubuh seseorang menurun, padahal hemoglobin memiliki tugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

    Bedanya Anemia dan tekanan darah rendah adalah, ketika anemia disebabkan oleh hemoglobin yang menurun atau kurang, tekanan darah rendah terjadi karena tubuh dehidrasi. Anemia juga merupakan penyakit yang terjadi ketika sel-sel darah menurun.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Keadaan jantung tidak normal (Aritmia jantung)

    Aritmia jantung ini menjadi salah satu penyebab mata berkunang-kunang disertai pusing. Aritmia jantung adalah masalah pada jantung yang terjadi ketika jantung berdenyut sangat cepat atau sebaliknya, sangat lambat.

    Jika Anda sering merasakan atau mengalami gejala mata berkunang-kunang disertai pusing secara berulang-ulang, maka kemungkinan besar Anda mengalami masalah atau penyakit pada jantung.

    1. Kurang istirahat

    Saat Anda kurang istirahat, maka Anda masih kekurangan energi di dalam tubuh untuk bergerak dan beraktivitas kembali.

    Dengan kurangnya waktu beristirahat, membuat organ-organ di dalam tubuh Anda dipaksa bekerja ekstra keras sehingga fungsi organ-organ tersebut menurun. Pada akhirnya timbul gejala mata berkunang-kunang disertai pusing.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.