Tulungagung Geger, Harimau Terlihat di Lereng Gunung Wilis

Diperkirakan, lereng hutan pinus di Gunung Wilis menjadi habitat Harimau Jawa.

Tulungagung Geger, Harimau Terlihat di Lereng Gunung Wilis Ilutrasi harimau (shutterstock)

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG - Seekor Harimau dilaporkan lalu lalang di sekitar hutan pinus lereng Gunung Wilis di Desa Nyawangan dan Desa Nglurup Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

    Harimau itu dilaporkan terlihat oleh warga ketika menyadap getah pinus. Laporan ini cukup mengejutkan mengingat keberadaan harimau langka. Laporan ini lantas dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk ditindak lanjuti.

    "Warga melaporkan melihat seekor harimau berwarna kuning dengan motif loreng hitam, putih [sebutan masyarakat Harimau Jawa] dengan jarak perjumpaan sekitar 7 meter dari lokasi berdiri," kata Kepala Resort Konservasi Wilayah 02 Blitar, Joko Dwiyono ketika dimintai konfirmasi, Senin (11/1/2021).

    Wow, Bayi Perempuan Kembar Tiga Lahir di Banyuwangi

    Joko menjelaskan harimau jawa itu terlihat sekitar empat minggu lalu. Dari pengumpulan bahan dan keterangan, gambaran fisik harimau yang terlihat berkulit loreng hitam putih.

    Menurut laporan, harimau tersebut mendekat lalu menjauh ketika sudah pada radius 7 meter dari saksi. Harimau itu lalu naik ke atas gunung dan menghilang dari pandangan.

    Tinggi harimau yang dilihat kurang lebih sebesar seekor kambing dengan tinggi sekitar 80 cm. Lokasi harimau ini terlihat di petak 88C. Beberapa jejak mirip kaki harimau juga ditemukan di sejumlah lokasi di petak tersebut.

    Jual Surat Hasil Rapid Test Antigen Palsu di Facebook, Mahasiswa Jember Dibui

     

    Habitat Harimau Jawa

    Beberapa hari setelahnya, ditemukan lagi usus binatang terburai di sebuah jembatan sungai. Lokasinya di perbatasan petak 88c dan 87a. Diduga, itu bekas binatang yang diburu oleh harimau tersebut.

    "Dalam kurun dua sampai tiga minggu kebelakang belum lagi dijumpai bekas kaki harimau di sekitar lokasi tersebut," ungkapnya.

    Diperkirakan, lereng hutan pinus di Gunung Wilis menjadi habitat Harimau Jawa. Dugaan lainnya, ada lebih dari satu harimau yang mendiami kawasan ini. Ini dikuatkan dari keterangan warga yang melihat dua sampai tiga ekor harimau di sekitar lokasi.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    Joko menambahkan pasca-laporan ini, ia mengedukasi warga untuk tidak takut. Sejauh ini, BKSDA juga sedang berupaya untuk mencari keberadaan harimau yang dilaporkan warga tersebut.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.