MEDIA SOSIAL : Heboh Penemuan Ular Bertanduk di Ponorogo, Admin Setenpo: Itu Hoax

MEDIA SOSIAL : Heboh Penemuan Ular Bertanduk di Ponorogo, Admin Setenpo: Itu Hoax Logo Facebook (JIBI/Dok)

    Media sosial, admin Setenpo menginformasikan berita mengenai penemuan ular bertanduk di Ponorogo adalah berita hoax.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Admin Komunitas Semua Tentang Ponorogo (Setenpo) menginformasikan berita mengenai penemuan ular bertanduk di Desa Bendo, Sawoo, Ponorogo, merupakan berita hoax. Admin Setenpo juga mengimbau kepada netizen untuk tidak mengunggah berita mengenai ular bertanduk itu melalui media sosial.

    “Kepada segenap pembaca FP SEMUA Tentang Ponorogo kami himbau untuk tidak memposting/men share info ular bertanduk/naga di Bendo Sawoo karena hanyalah berita hoax, ” tulis admin di Komunitas Semua Tentang Ponorogo yang dikutip Madiunpos.com, Sabtu (5/2/2016).

    Admin Setenpo menyampaikan sudah menanyakan mengenai berita tersebut ke sejumlah pihak dan menyatakan berita penemuan ular bertanduk itu hoax.

    Selain itu, foto ular yang dijadikan ilustrasi dalam berita mengenai penemuan ular bertanduk itu sudah beredar di dunia maya sejak dua tahun lalu. Admin Setenpo juga telah mengecek ke lokasi tempat yang disebutkan dalam berita penemuan ular bertanduk itu dan tidak pernah ada ular bertanduk di temukan di lokasi itu.

    Lebih lanjut, admin Setenpo juga menyampaikan berita yang bisa dipercaya yaitu berita yang menyertakan narasumber serta ada keterangan siapa, kapan, mengapa, di mana, bagaimana, dan apa.

    Sedangkan info yang beredar mengenai penemuan ular bertanduk itu tidak menjelaskan keterangan waktu, kronologi, dan tidak ada narasumber sama sekali.

    “Jadilah pengguna medsos yang cerdas.Kurangi baper sinetron misteri. Sruput kopimu ben padang pikirmu,” tulis admin Setenpo.

    Pengguna akun Facebook Ramu Bungsu membenarkan berita mengenai penemuan ular bertanduk adalah hoax, karena foto yang menjadi ilustrasi dalam berita itu sudah pernah diunggah pada dua tahun lalu. Dia mengatakan mendapatkan foto tersebut dari temannya yang berasak dari Malaysia.

    “btul min tu mang brita hoak sktar dua thun lalu fto tu prnh aq upload difbku,,tpi knpa smeua bru tahu fto tu pdhal sudah lma,fto tu aq dpat dri kawanku asli orang Malaysia,” tulisnya dalam kolom komentar.

    Ramu Bungsu menambahkan seingatnya ular tersebut ditangkap warga di Thailan dna foto ular bertanduk itu agak lebar. Sedangkan foto yang tersebar tersebut fotonya agak kecil.

    “seingatku tu ular ditngkap dithailand fto ular brtanduk tu ftonya agak lebar tpi yg mnyebar skrang agak kecil mngkindah diptong ma yg mnyebarkan,” tulis Ramu Bungsu.

    Pengguna akun Facebook Dhoni Yanti mengatakan sekarang banyak berita hoax yang tersebar di dunia maya. Dia menyebutkan ada berita orang bertelur ayam bahkan berita Alquran disiram air zamzam keluar bunga anggrek.

    Dia berharap admin Semua Tentang Ponorogo selalu memberikan berita yang aktual dan bisa diqpercaya. “Betul se x admin beri lah brita yg aktural dan bisa d percaya..sekrng byk kejadiaan yg hoax..ada brita orang bertelor ayam nabi terakir d jombang apa mana lupa..kemaren lg ada brita Al Qur'an d siram air zam zam kluar bunga angrek..tp brita ini msih simpang siur hoak apa benaran..bikin Dosa aja.,” tulisnya dalam kolom komentar.

    Pantauan Madiunpos.com, Sabtu (5/3/2016) pukul 15.00 WIB, unggahan ini disukai 502 pengguna Facebook, mendapat 59 komentar, dan dibagikan 51 kali.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.