PENERIMAAN MAHASISWA BARU : Ini 3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Ponorogo

PENERIMAAN MAHASISWA BARU : Ini 3 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Ponorogo Ilustrasi mahasiswa

    Penerimaan mahasiswa baru di STAIN Ponorogo menyediakan tiga jalur pendaftaran.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Ponorogo membuka masa penerimaan mahasiswa baru 2016. STAIN Ponorogo membuka tiga jalur pendaftaran mahasiswa baru, yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur Mandiri.

    Dikutip Madiunpos.com dari laman resmi stainponorogo.ac.id, Sabtu (5/3/2016), pendaftaran mahasiswa baru di STAIN Ponorogo dimulai sejak 9 Maret 2016 hingga 29 Juli 2016.

    Untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), pendaftaran dimulai sejak 9 Maret 2016 hingga 30 April 2016. Pendaftaran melalui web http://www.span-ptkin.ac.id atau melalui operator Pamlok STAIN Ponorogo.

    Proses seleksi akan dilaksanakan pada 6 hingga 19 Mei 2016 dan pengumuman hasil seleksi pada 23 Mei 2016. Sedangkan herregistrasi dilaksanakan pada 26 Mei 2016 hingga 15 Juni 2016.

    Poster pengumuman pendaftaran mahasiswa baru STAIN Ponorogo. (stainponorogo.ac.id)
    Poster pengumuman pendaftaran mahasiswa baru STAIN Ponorogo. (stainponorogo.ac.id)

    Syarat pendaftaran SPAN-PTKIN yaitu siswa memiliki prestasi akademik unggul mulai semester I sampai semester V, memiliki nomor induk siswa nasional, memperoleh rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah, memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

    Selain itu, peserta SPAN-PTKIN adalah lulusan Ujian Nasional tahun 2016.

    Alur pendaftaran SPAN-PTKIN, kepala madrasah/sekolah mendaftarkan madrasah/sekolahnya melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id, kepala madrasah/sekolah mengisikan data sekolah dan siswa pada boring pendaftaran. Setelah itu kepala madrasah/sekolah mendapatkan user ID dan password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran.

    Siswa menggunakan user ID dan password yang diberikan oleh kepala madrasah/sekolah untuk melakukan pendaftaran melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id.

    Kemudian, siswa mengisi biodata menggunakan foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran. Siswa mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai bukti peserta SPAN-PTKIN.

    Untuk jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), pendaftaran akan dimulai 1 Mei hingga 3 Juni 2016.

    Persyaratan untuk mendaftar melalui jalur ini, yait lulus tahun 2014, 2015, dan 2016 dari satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2014 dan 2015 harus memiliki ijazah.

    Sedangkan untuk lulusan 2016 harus mempunyai surat keterangan lulus dari kepala madrasah/sekolah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan dan ditandai cap madrasah/sekolah. Selain itu, pendaftar harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

    Untuk jalur mandiri, pendaftaran dimulai pada 6 Juni 2016 hingga 29 Juli 2016 dan ujian masuk pada tanggal 1 hingga 2 Agustus 2016. Sedangkan pengumuman hasil ujian pada 4 Agustus 2016.

    Jalur Mandiri ini merupakan pola seleksi local oleh STAIN Ponorogo untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dari sisa-siswi SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Muadalah lulusan 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016 berdasarkan nilai tes ujian masuk yang disleenggarakan secara mandiri.

    STAIN Ponorogo memiliki16 program studi dari tiga jurusan. Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dengan lima prodi yaitu Akwal Syaksiyah, Muamalah, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, serta Zakat dan Wakaf.

    Jurusan Tarbiyah dengan prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris/Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhaotul Athfal, Manajemen Pendidikan Islam, Tadris/Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA Biologi), dan Tadris/Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan Jurusan Ushuludin dan Dakwah dengan prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, serta Bimbingan dan Konseling Islam.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.