Menyeramkan, 5 Hantu Fenomenal Indonesia Ini Masih Dipercaya Kemunculannya

Hantu menjadi makhluk yang masih dipercaya beberapa masyarakat Indonesia. Ada beberapa hantu yang fenomenal di Indonesia.

Menyeramkan, 5 Hantu Fenomenal Indonesia Ini Masih Dipercaya Kemunculannya Ilustrasi hantu pocong. (klikdokter.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Keberadaan makhluk halus seperti hantu memang masih dipercaya beberapa masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa orang mengklaim pernah melihat hantu hingga bulu kuduknya berdiri.

    Konon gambaran rupa menyeramkan dan suara mengerikan menjadi salah satu alasan mengapa hantu ditakuti banyak orang. Selain itu, mereka juga mengaku melihat bayangan melintas, mendengar suara aneh, hingga merasa diawasi saat sedang sendiri.

    Hampir semua daerah di Indonesia memiliki mitos masing-masing tentang hantu. Berikut ini 5 hantu yang terkenal dari Indonesia seperti yang telah dirangkum madiunpos.com dari berbagai sumber.

    Ledakan di Mojokerto yang Sempat Dikira Bom hingga Pesawat Jatuh, Ini Penampakannya

    1. Kuyang

    Kuyang digambarkan sebagai perempuan dengan rambut panjang tanpa badan. Kuyang hanya memiliki kepala dan organ dalam. Masyarakat setempat percaya bahwa kuyang adalah siluman yang haus akan darah, khususnya darah bayi dan wanita hamil. Hal ini karena keduanya bersih dari niat-niat jahat.

    1. Leak

    Kepercayaan akan hantu ini banyak beredar di wilayah Bali dan sekitarnya. Leak merupakan salah satu hantu Indonesia terseram yang keberadaannya dapat menyakiti dan mengancam manusia. Pasalnya, leak berkeliaran di tanah dewata untuk mengumpulkan organ manusia untuk dijadikan sembahan dan bahan sihir.

    Menurut sejarahnya, hantu leak memiliki banyak jenis, mulai dari perubahan wujud seorang dukun, penyihir, atau manusia biasa. Leak dapat berubah menyerupai babi, kera, atau harimau. Semua wujudnya dapat dikenali karena memiliki ciri khas taring yang tajam dan mata yang menyala.

    Bukan Digigit Jin, Inilah Penyebab Memar di Tubuh Secara Tiba-tiba

    1. Pocong

    Pocong adalah sesosok mayat berkafan yang sekilas tampak seperti guling. Salah satu kisah yang beredar menyebutkan bahwa pocong berasal dari dari jasad orang meninggal yang lupa dibuka tali pocongnya saat dikubur.

    Sebagai bentuk protes, pocong pun menghantui orang-orang di sekitarnya. Pocong berkeliaran menyinggahi rumah-rumah dan mengganggu orang-orang disekitarnya untuk meminta orang tersebut membukakan talinya.

    1. Kuntilanak

    Hantu perempuan ini digambarkan bergaun putih, berambut panjang dan punya mata yang merah. Menurut kepercayaan masyarakat, kuntilanak sering mengganggu anak kecil dan perempuan.

    Cerita yang beredar di masyarakat menyebutkan, kuntilanak adalah hantu seorang wanita hamil yang kehilangan janinnya karena dibunuh. Ada juga yang menceritakan bahwa hantu kuntilanak merupakan wanita yang diperkosa dan dibunuh, lalu mayatnya dibuang dan tidak dikuburkan.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Genderuwo

    Kisah makhluk ini berasal dari mitos bangsa Persia, gandarewa. Masyarakat Indonesia menggambarkan sosok ini memiliki tubuh yang sangat besar, berbulu, dan memiliki taring yang menjulur ke luar mulutnya.

    Mereka banyak menempati bangunan tua, pohon besar, tempat yang lembab, dan hutan, menurut kepercayaan masyarakat, makhluk ini berasal dari laki-laki yang meninggal dengan cara tak wajar. Yang menyeramkan, ketika menjadi genderuwo, mereka akan mengubah fisiknya menjadi manusia dan menghamili perempuan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.