Mulut Terbakar setelah Makan Pedas, Ini Cara Efektif Menghilangkannya

Air putih memang dikenal untuk menghilangkan sensasi lidah terbakar saat makan pedas. Namun tak hanya itu, ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangi rasa pedas.

Mulut Terbakar setelah Makan Pedas, Ini Cara Efektif Menghilangkannya Ilustrasi makan pedas. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Banyak orang menyukai makanan pedas. Bagi penggemar makanan pedas, sensasi pedas yang berasal dari makanan yang dimakan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

    Rasa pedas dalam makanan sebenarnya disebabkan oleh suatu senyawa bernama capcaisin yang terkandung di dalam cabai. Namun terkadang rasa pedas bisa terjadi berlebihan sehingga menimbulkan sensasi rasa terbakar di lidah dan mulut.

    Sebenarnya rasa pedas tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi, tidak semua orang tahan terhadap efek capcaisin yang membakar mulut. Selain minum air yang banyak, dilansir dari suara.com Kamis (28/1/2021), berikut 5 cara untuk membantu menghilangi rasa pedas.

    Berbuat Asusila dengan Sesama Jenis, Siswa SMK di Malang Ditangkap

    1. Minum segelas susu

    Susu dipercaya dapat meredam rasa terbakar di mulut. Menurut American Chemical Society, kasein, sejenis protein dalam susu dapat membantu memutus ikatan bentuk capcaisin pada reseptor saraf sehingga membantu meredakan rasa pedas.

    1. Alkohol

    Alkohol dapat membantu meringankan rasa pedas untuk sementara. MythBusters, sebuah acara televisi di Discovery Channel, memeriksa apakah alkohol dapat meredakan efek makanan pedas di mulut.

    Mereka menemukan beberapa tegukan bir dapat meredakan sensasi lidah terbakar karena minyak dan air tidak bercampur, dan hal ini dapat menyebarkan capcaisin yang berminyak alih-alih mengurangi efeknya sepenuhnya.

    Ledakan Keras di Mojokerto, Begini Penjelasan LAPAN

    1. Satu sendok teh gula

    Gula sebenarnya dapat membantu menetralkan panas dari hidangan pedas. Panas pada cabai dapat dikategorikan berdasarkan pada jumlah gula yang dibutuhkan untuk menetralkan efek panas yang dihasilkannya.

    Makanan manis dipercaya dapat menetralkan rasa panas dari makanan pedas, misalnya gula pasir dan madu. Hal ini karena gula menyerap minyak pedas sehingga memberikan rasa yang berbeda.

    1. Cokelat

    Sebatang cokelat dapat berguna untuk mengurangi sensasi terbakar dan pedas di mulut. Hal ini karena kandungan lemak yang tinggi pada cokelat membantu mengeluarkan capcaisin di mulut. Capcaisin di mulut akan larut dalam lemak yang ada pada cokelat.

    Selain itu, cokelat susu lebih ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dibanding cokelat hitam. Hal ini karena menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, cokelat susu memiliki kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi sehingga mampu meredakan rasa pedas.

    Doa Enteng Jodoh, yang Jomblo Wajib Baca!

    1. Sepotong roti

    Mengunyah sepotong roti dapat berguna untuk meredakan rasa terbakar di mulut. Hal ini karena roti dapat menyerap capcaisin berminyak di mulut. Selain roti, nasi juga sebenarnya dapat membantu meski menyerap lebih sedikit. Oleh karena itu, saat memakan makanan pedas, siapkan roti untuk membantu meredakan rasa pedas yang tak tertahankan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.