Sering Mengigau saat Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya

Mengigau adalah adalah salah satu gangguan tidur yang wajar terjadi. Meski bukan menjadi masalah yang serius, Anda perlu mengetahui penyebab Anda mengigau.

Sering Mengigau saat Tidur, Mungkin Ini Penyebabnya Ilustrasi tidur siang

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda pernah mengigau saat tidur? Mengigau saat tidur sebenarnya adalah salah satu gangguan tidur dan wajar terjadi.

    Mengigau atau dalam bahasa medis disebut dengan somniloquy adalah gejala yang terjadi saat kondisi seseorang setengah sadar. Namun, banyak orang mengira jika mengigau dilakukan saat seseorang bermimpi.

    Mengigau bisa terjadi di setiap tahapan tidur, mulai dari baru saja tidur hingga sudah benar-benar terlelap. Walaupun bukan masalah yang serius, penyebab mengigau perlu didalami secara komprehensif.

    Dilansir dari klikdokter.com, Kamis (28/1/2021), berikut ini penyebab seseorang bisa mengigau.

    Hajatan Pernikahan dengan Pentas Musik di Banyuwangi Dibubarkan

    1. Genetik

    Beberapa studi menemukan bahwa mengigau saat tidur mungkin merupakan bentuk sifat yang diturunkan dari keluarga. Dalam studi yang dilakukan pada orang kembar, mengigau saat tidur mudah ditemukan pada keduanya.

    Bahkan, keduanya juga bisa sama-sama mengalami berjalan maupun menggertakkan gigi saat tidur. penelitian lebih lanjut diperlukan agar dapat memahami koneksi ini.

    1. Mengalami REM Sleep Behavior Disorder (RBD)

    REM Sleep Behavior Disorder adalah bentuk gangguan tidur yang banyak terjadi. Orang yang mengalaminya dapat menimbulkan gejala seperti berteriak, memekik, menggeram, hingga bergerak dalam mimpinya (seringkali agresif dan kasar).

    RBD merupakan jenis gangguan tidur, selain sleep terror (teror dalam tidur). Penderita sleep terror juga mengalami hal yang sama, dan kondisi ini kadang ditemui pada anak-anak.

    Catut Nama Kiai untuk Sembuhkan Penyakit, Penipu Warga Banyuwangi Dibui

    1. Obat-obatan

    Beberapa jenis obat-obatan bisa membuat seseorang mengigau saat tidur. Obat-obatan tersebut utamanya yang tergolong sebagai selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI).

    Misalnya obat yang mengandung sertraline, citalopram, escitalopram, dan lain-lain. Efek samping mengigau saat tidur tersebut juga tidak dialami seluruh pengguna obat SSRI.

    1. Penggunaan berlebihan atas substansi tertentu

    Seseorang yang berlebihan mengkonsumsi alkohol juga berisiko mengigau saat tidur. Selain kurang baik untuk kesehatan organ hati, alcohol abuse bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

    Doa Enteng Jodoh, yang Jomblo Wajib Baca!

    1. Kurang tidur

    Kurang tidur mungkin menjadi penyebab mengigau yang paling umum. Kurangnya waktu istirahat dikaitkan dengan peningkatan insiden mengigau saat tidur. Tentu saja, penyebab mengigau yang satu ini tergolong tidak berbahaya.

    1. Demam

    Demam juga dikaitkan sebagai penyebab mengigau saat tidur. Umumnya, demam yang memiliki suhu tinggi lebih berkaitan dengan munculnya mengigau.

    Diduga, hal tersebut berkaitan dengan dampak terhadap sistem saraf yang akibat suhu yang tinggi. Walaupun begitu, hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.