Mengantuk saat Tidak Tepat, Atasi dengan Cara Ini

Rasa kantuk yang datang saat tidak tepat memang dapat mengganggu aktivitas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangi rasa kantuk.

Mengantuk saat Tidak Tepat, Atasi dengan Cara Ini Ilustrasi tidur di tempat kerja. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Meski dirasa sudah cukup tidur, kadang rasa kantuk sering menghampiri di siang hari. Rasa kantuk yang datang tidak tepat tersebut seringkali mengganggu aktivitas.

    Rasa kantuk memang bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, atau bahkan saat mengendarai kendaraan. Kondisi ini seringkali disertai dengan gejala sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi.

    Meskipun kondisi ini wajar dan sulit dihindari, rasa kantuk harus bisa diatasi agar dapat mengembalikan konsentrasi dan semangat belajar. Dilansir dari alodokter.com (28/1/2021), berikut ini adalah cara untuk menghilangkan kantuk saat tidur.

    Ritual Gandakan Uang Rp120.000 Jadi Rp1 Miliar di Kuburan Dibubarkan Polisi

    1. Tetap aktif di tempat kerja

    Duduk terlalu lama bisa memicu munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu di sela-sela waktu bekerja, Anda disarankan untuk berjalan kaki sejenak. Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja.

    1. Tidak menatap layar komputer terlalu lama

    Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-menerus menatap layar komputer bisa membuat Anda lelah dan mengantuk. Jadi, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

    1. Mengatur pernapasan

    Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasakan kantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan hal ini hingga 10 kali.

    Fenomena Bulan Serigala bakal Terlihat Jelas pada Jumat Malam

    1. Mengkonsumsi air putih yang cukup

    Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

    1. Mengkonsumsi minuman berkafein

    Kafein memang dapat mengusir rasa kantuk, tetapi Anda disarankan untuk mengkonsumsi secangkir kopi saja. Karena minum kopi dapat memicu dehidrasi, yang kemudian bisa menambah rasa lelah. Jadi jika ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air putih Anda tetap tercukupi. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari agar Anda tidak sulit tidur di malam harinya.

    1. Mendengarkan musik

    Cara menghilangkan ngantuk dan lelah berikutnya adalah dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Musik dengan irama yang kencang, seperti musik aliran rock dan pop, bisa membuat Anda lebih berenergi dan melupakan rasa kantuk dan lelah.

    Doa Enteng Jodoh, yang Jomblo Wajib Baca!

    1. Tidur siang sejenak

     Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10-20 menit. Jika tidak memungkinkan atau Anda tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apapun agar Anda dapat kembali lebih segar.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.