Nyeri Punggung saat Haid, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri punggung saat haid normal terjadi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Nyeri Punggung saat Haid, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya Woman suffering from back ache on the bed, healthcare and problem concept

    Madiunpos.com, MADIUN – Saat menstruasi, ada beberapa hal yang terjadi di tubuh seperti munculnya jerawat, perut kram dan nyeri pada punggung. Nyeri di sekujur tubuh adalah hal yang normal terjadi. Alasannya otot-otot rahim berkontraksi untuk meluruhkan darah yang menempel di dinding rahim.

    Menjelang haid, jaringan pelapis rahim (endometrium) akan memproduksi hormon prostaglandin sehingga kadarnya meningkat.

    Hormon ini berperan dalam proses peradangan, penyembuhan, serta menyebabkan kontraksi rahim untuk mengeluarkan darah dan jaringan dari dalam rahim.

    Suami Pergi Yasinan, Istri di Tulungagung Dibunuh Tetangga secara Sadis

    Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan kontraksi pada otot rahim, tetapi juga dapat menjalar pada otot pendukung, yaitu otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas. Akibatnya, bagi beberapa orang menimbulkan keluhan nyeri punggung saat haid. Selama haid, jaringan pelapis rahim akan turut dikeluarkan.

    Saat nyeri punggung saat haid melanda, Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya seperti dikutip dari klikdokter.com, Senin (23/11/2020).

    1. Kompres hangat

    Kompres hangat umumnya efektif untuk keluhan nyeri yang disebabkan oleh masalah otot, seperti nyeri punggung saat haid. Saat Anda mulai merasakan nyeri, cobalah mandi dengan air hangat, atau tempelkan botol yang diisi air hangat pada punggung. Anda juga bisa menggunakan koyo yang memberikan sensasi hangat.

    Miris, Suami Paksa Istri dan Anak Curi Kotak Amal di Masjid

    1. Pijat

    Pijat umumnya dijadikan andalan saat badan terasa pegal. Memijat secara lembut area punggung yang terasa nyeri juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang Anda alami.

    1. Istirahat dan relaks

    Cobalah untuk santai dan istirahat. Biarkan tubuh mengatasi keluhan secara alami. Ketika beristirahat, coba perhatikan posisi saat berbaring. Pilihlah posisi paling nyaman yang tidak membuat nyeri, atau nyeri yang dirasakan jadi minimal.

    1. Stretching

    Anda bisa lakukan stretching ringan sekitar 10 menit tiap hari agar otot jadi relaks dan otot tegang bisa mereda. Olahraga lain seperti yoga dan berjalan santai juga bisa membantu mengatasi keluhan.

    Dorong Imunitas Santri Ponpes, Mustika Ratu Bagikan 1.600 Starter Pack Ramuan Herbal

    1. Perhatikan pola makan

    Anda disarankan untuk menghindari alkohol, kafein, dan merokok. Berbagai bahan tersebut umumnya memperburuk keluhan nyeri.

    1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

    Konsumsilah air putih dengan cukup. Selain itu, Anda juga perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan juga sayuran segar yang banyak mengandung air.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.