Selain Buahnya, Inilah Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Tidak hanya buahnya, kulit buah manggis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain Buahnya, Inilah Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Buah manggis. (sehatq.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Buah manggis atau dalam bahasa latin disebut Garcinia mangostana Linn merupakan salah satu tanaman budidaya yang tumbuh subur di negara-negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

    Buah manggis terkenal dengan rasa manis dan juga sedikit asam. Buah ini terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan. Uniknya, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi kulit manggis juga bermanfaat untuk kesehatan. Menurut ahli, kulit buah manggis mengandung antioksidan, terutama xanthone, yang jumlahnya 27 kali lebih banyak daripada daging buahnya.

    Manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya. Ekstrak kulit manggis juga kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, hingga asam amino.

    Apes! Jimat 2 Bandit Tak Berfungsi saat Beraksi Mencuri Motor

    Kulit manggis seringkali diolah, diekstraksi, dan dijual dalam berbagai bentuk, mulai dari bubuk kulit manggis atau kapsul ekstrak kulit manggis. Lalu, apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan?

    Berikut ini manfaat kulit manggis seperti dikutip dari detikcom, Selasa (24/11/2020).

    1. Mengobati kanker

    Hasil penelitian kulit manggis sangat fenomenal. Kulit manggis disebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, sekaligus menghancurkannya untuk menghindarkan seseorang dari penyakit kanker. Kandungan xanthone pada buah manggis dan kulit manggis memiliki sifat anti dan apoptosis proliferatif yang akan menjadi senjata pemusnah kanker, dan efektif dalam mencegah sel kanker.

    Survei UINSA: Machfud-Mujiaman Unggul 46% di Pilkada Surabaya

    1. Mencegah penyakit jantung

    Manfaat kulit manggis untuk kesehatan berikutnya yakni mampu mencegah berbagai gangguan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan, namun dapat dihindari dengan kulit manggis.

    1. Mengatasi diare

    Kulit manggis sangat ampuh untuk mengatasi diare. Senyawa yang terdapat pada kulit manggis sangat baik untuk pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri penyebab diare.

    1. Mengatasi gangguan haid

    Kulit manggis memiliki manfaat kesehatan untuk wanita. Jika Anda mengalami gangguan sangat parah saat haid atau terlambat haid atau haid tidak teratur, sebaiknya coba mengkonsumsi kulit manggis. Minuman kulit manggis disebut dapat mengatasi gangguan haid.

    Viral Seorang Anak Mengalami Kebutaan karena Sinar Gadget, Begini Jawaban Dokter Mata

    1. Mencegah diabetes

    Diabetes atau gula darah merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Kulit manggis merupakan salah satu ramuan ampuh yang dapat membantu menurunkan diabetes. Caranya dengan menurunkan kadar gula darah dalam urine.

    1. Meningkatkan imunitas

    Mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus atau herbal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh kuat dalam menghadapi keadaan yang tidak stabil. Antioksidan pada kulit manggis berperan sebagai bahan alami yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

    1. Mencegah penuaan

    Manfaat kulit manggis satu ini juga sangat dinantikan oleh kaum wanita. Kulit manggis merupakan ramuan ajaib yang dapat membuat kulit menjadi segar, dan mempercepat proses peremajaan kulit. Kandungan antioksidan pada kulit manggis dapat membantu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit dan tampak bercahaya dan kencang.

    Awas! 22 Daerah di Jatim Ini Rawan Bencana Banjir hingga Longsor



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.