Bagi Anda Pengguna Lensa Kontak, Begini Cara Merawat Mata agar Tidak Iritasi

Selain sebagai alat bantu penglihatan mata minus, softlens juga menjadi trend bagi wanita. Agar tidak salah penggunaan, ada beberapa cara untuk merawat kesehatan mata saat menggunakan lensa kontak.

Bagi Anda Pengguna Lensa Kontak, Begini Cara Merawat Mata agar Tidak Iritasi Ilustrasi menggunakan lensa kontak. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Softlens atau lensa kontak adalah salah satu pilihan untuk membantu mengatasi penglihatan yang bermasalah. Selain sebagai alat bantu penglihatan mata minus, softlens juga sudah menjadi bagian dari salah satu gaya hidup banyak wanita.

    Jenis softlens yang Anda pakai menentukan bagaimana cara Anda merawat softlens tersebut. Misalnya, softlens yang sekali pakai membutuhkan perawatan yang lebih mudah daripada softlens konvensional.

    Penggunaan softlens yang melebihi batas waktu yang dianjurkan juga bisa memberi dampak buruk bagi kornea mata. Softlens tidak dirancang untuk digunakan dalam waktu yang lama, terlebih tidak dilepas selama tidur semalaman.

    Apes! Jimat 2 Bandit Tak Berfungsi saat Beraksi Mencuri Motor

    Saat menggunakan softlens, Anda harus menjaga kebersihan dan cara penggunaan yang tepat agar tidak terjadi infeksi. Berikut ini cara merawat mata saat menggunakan softlens dilansir dari halodoc.com, Selasa (24/11/2020).

    1. Tangan harus bersih

    Cara pertama adalah memastikan kebersihan tangan. Hati-hati, softlens yang tidak higienis akibat tangan yang kotor akan menjadi sarang kuman. Kuman ini bisa berpindah ketika Anda memasang atau melepas softlens. Oleh sebab itu, pastikanlah tangan dalam keadaan bersih sebelum memegang softlens. Agar lebih bersih, cucilah tangan menggunakan sabun untuk memastikan bakteri di ujung jari telah hilang.

    1. Lepas softlens sebelum tidur

    Para ahli sangat tidak menyarankan seseorang menggunakan lensa kontak secara terus-menerus. Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang tetap menggunakan softlens ketika tidur di malam hari. Padahal, hal ini bisa mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam mata. Nah, hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan permukaan mata rentan mengalami infeksi. Tidak hanya itu, kuman yang ada di lensa kontak pun bisa ikut menempel selam tidur.

    Viral Seorang Anak Mengalami Kebutaan karena Sinar Gadget, Begini Jawaban Dokter Mata

    1. Jaga jangan sampai mata kering

    Biasanya softlens akan mengering ketika telah digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini bisa mengganggu aktivitas Anda bila softlens sampai kering ketika digunakan. Pasalnya, lensa kontak yang kering ini bisa saja robek hingga menyebabkan iritasi. Sebaiknya, untuk merawat mata saat menggunakan softlens, teteskan cairan khusus lensa kontak ke mata sekitar dua jam sekali.

    1. Mengganti cairan

    Mengganti cairan softlens bisa menjadi cara agar mata tetap sehat ketika menggunakan softlens. Menurut saran ahli, sebaiknya Anda mengganti airnya setiap tiga hari sekali agar kebersihannya tetap terjaga.

    1. Menggunakan kacamata saat naik motor

    Bagi Anda pengendara motor yang mengenakan softlens, ada baiknya untuk mengenakan kaca mata agar mencegah debu masuk ke dalam mata. Selanjutnya, teteskanlah cairan lensa kontak ketika Anda telah tiba di tempat tujuan.

    Awas! 22 Daerah di Jatim Ini Rawan Bencana Banjir hingga Longsor



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.