Sering Merasakan Kram Otot Kaki, Inilah Beberapa Penyebabnya

Kram kaki biasa terjadi saat malam hari atau saat seseorang jarang berolahraga. Sebelum dilakukan pencegahan, ketahuilah penyebab kram otot bisa terjadi.

Sering Merasakan Kram Otot Kaki, Inilah Beberapa Penyebabnya Kram otot juga biasa terjadi saat berolahraga. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Kram otot kaki merupakan suatu kondisi yang umum dialami seseorang. Kram dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. Kram otot, baik yang terjadi di area kaki atau area lainnya merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba.

    Kram pada kaki biasanya terjadi di malam hari ketika tidur dan menyebabkan perasaan yang menyiksa. Kram kaki juga merupakan masalah yang sering dialami mereka yang jarang berolahraga. Jika kram benar-benar melanda, maka Anda bisa meredakannya dengan meregangkan otot secara lembut.

    Agar pencegahan dapat dilakukan, Anda perlu mengetahui penyebab kram otot bisa terjadi. Inilah beberapa penyebab kram otot seperti dilansir dari alodokter.com, Senin (23/11/2020).

    Suami Pergi Yasinan, Istri di Tulungagung Dibunuh Tetangga secara Sadis

    1. Tekanan terhadap saraf

    Tekanan pada saraf tulang belakang bisa membuat kaki kram dan terasa nyeri, yang bisa memburuk makin lama Anda berjalan. Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan biasanya dapat meringankan nyeri.

    1. Suplai darah yang tidak memadai

    Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Anda dapat menimbulkan nyeri, misalnya kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Kram ini biasanya hilang dengan cepat setelah Anda beristirahat.

    1. Kehamilan

    Kondisi kram sudah biasa terjadi pada ibu hamil, terutama saat bulan-bulan terakhir kehamilan. Kemungkinan hal ini terjadi oleh karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena aliran darah ke kaki yang kurang lancar.

    Miris, Suami Paksa Istri dan Anak Curi Kotak Amal di Masjid

    1. Cedera

    Mengalami cedera atau menggunakan otot secara berlebihan juga bisa menyebabkan kram kaki. Terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama di permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram. Kurang pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kaki kram.

    1. Kekurangan mineral

    Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, dapat menyebabkan kaki kram.

    1. Dehidrasi

    Dehidrasi, yaitu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan, juga bisa memicu kram kaki. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kram kaki.

    1. Efek samping obat-obatan

    Obat-obatan seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretic, statin, obat asma, dan kortikosteroid juga bisa meningkatkan risiko mengalami kram.

    Dorong Imunitas Santri Ponpes, Mustika Ratu Bagikan 1.600 Starter Pack Ramuan Herbal

    1. Penyakit hati

    Penyakit yang melibatkan organ hati bisa menyebabkan kram pada kaki. Ketika organ hati tidak bisa bekerja dengan baik, racun di dalam darah akan meningkat dan bisa membuat otot kram.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.