OPERASI KESELAMATAN SEMERU : Aparat Polres Madiun akan Sita Motor Pelajar Berkendara Tanpa SIM

OPERASI KESELAMATAN SEMERU : Aparat Polres Madiun akan Sita Motor Pelajar Berkendara Tanpa SIM Pelajar SMP terlihat mengendarai sepeda motor di jalanan beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

    Polres Madiun menggelar razia kendaraan dengan foksu pada pelajar berkendara namun belum miliki SIM.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Kepolisian Resor (Polres) Madiun, Jawa Timur, fokus kepada para pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor selama berlangsungnya Operasi Keselamatan Semeru 2018 di Bulan Maret ini.

    Operasi digelar untuk menekan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah setempat. Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya di Madiun, mengatakan operasi keselamatan akan fokus pada para pelajar yang marak menggunakan kendaraan bermotor meski belum memiliki surat izin mengemudi (SIM).

    "Kami akan tindak tegas pelajar di bawah umur yang kedapatan mengendarai motor. Bahkan jika perlu, kami akan tarik dan tahan motornya, biar mereka jalan kaki kalau nekat," ujar AKPB I Made Agus Prasatya, Kamis (1/3/2018), di sela-sela apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2018 di halaman Mapolres Madiun.

    Menurut dia, upaya tersebut ia lakukan karena banyak pelajar sekolah di bawah umur yang belum memiliki SIM namun sudah mengendarai motor. Hal itu jelas melanggar peraturan dan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

    Meski sudah dilakukan berbagai upaya pencegahan, namun fenomena tersebut masih marak terjadi. Polisi mengaku sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk menekan hal itu, namun kasus kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan pelajar yang belum memiliki SIM masih banyak.

    Untuk itu, pihak kepolisian juga akan melakukan peneguran kepada warga yang membuka jasa penitipan motor dekat sekolah, agar selektif dan menolak jika ada pelajar yang menitipkan motornya.

    Ia juga berharap orang tua sadar bahwa membiarkan sang anak mengendarai motor sendiri meski belum cukup umur dan belum memiliki SIM adalah tindakan berbahaya.

    Untuk diketahui, Operasi Keselamatan Semeru 2018 akan digelar mulai tanggal 5 hingga 25 Maret 2018. Polres Madiun akan melibatkan 84 personelnya guna melancarkan operasi tersebut.

    "Selain 84 personel dari Satuan Lalu Lintas, juga dilibatkan sejumlah personel dari wilayah polsek secara bergantian," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun AKP Imam.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.