Pandemi Corona, Gaya Berbuka Puasa Bersama Ini Bisa Ditiru

Mereka tidak berkumpul bersama di satu tempat.

Pandemi Corona, Gaya Berbuka Puasa Bersama Ini Bisa Ditiru Gaya Berbuka Bersama Unik (Liputan6.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19 membuat orang harus saling menjaga jarak. Masyrakat juga diimbau melakukan ibadah di rumah saja, termasuk salat tarawih yang bisanyanya dilakukan berjamaan di masjid.

    Ada hal lain yang biasanya juga dilakukan di bulan Ramadan pun diminta dihindari yaitu kegiatan buka bersama di luar rumah.

    Karena biasanya acara itu digelar dengan melibatkan banyak orang. Namun pada Ramadan tahun ini tak bisa dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Namun hal itu tidak berlaku bagi warga Perumahan Kelapa Dua Residence, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

    Menikmati Sate Taichan Ala Rumahan Yang Kekinian

    Diberitakan Liputan6.com, warga di perumahan yang terletak di dekat Markas Besar Brimob Kelapa Dua ini tetap menggelar acara buka puasa bersama. Cara berbuka bersama mereka cukup unik dan kreatif.

    Warga perumahan berbuka bersama dengan tetap memperhatikan ketentuan pencegahan persebaran Covid-19. Mereka tidak berkumpul bersama di satu tempat. Namun, setiap keluarga berkumpul di depan rumah masing-masing. Mereka saling menyapa dari kejauhan serta melalui drone.

    Saat waktu buka puasa tiba, mereka pun menikmati hidangan yang telah disiapkan sambil sesekali berbincang dengan yang lainnya dengan tetap menjaga jarak.

    Kita Pasti Bisa, Lagu Tentang Corona Ciptaan Tiga Musisi Rock Surabaya

    Uniknya, acara buka bersama ini tidak hanya melibatkan umat Muslim. Warga non-Muslim pun ikut dalam kegiatan ini.

    "Kami warga perumahan ini memang biasa bikin buka bersama warga di depan masjid kompleks kami sejak 2015. Berkumpul bersama di situ," terang warga Perumahan Kelapa Dua Residence Zein Prabowo belum lama ini.

    Menelusuri Sejarah Masjid Baiturrahman Ngronggi, Masjid Tertua Di Ngawi

    "Di tahun ini berbeda dan spesial karena diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar [PSBB]. Namun kami tetap ingin bisa menggelar acara buka bersama dengan sesama warga tapi tetap mengikuti aturan PSBB," lanjutnya.


    Gaya Berbuka Bersama Unik (Liputan6.com)

    Di Depan Rumah Masing-Masing

    Berbuka puasa dengan tetap mengikuti ketentuan aturan PSBB ini, lanjutnya, merupakan ide warga perumahan yaitu Pak Yudiana dan Ibu Icha. Caranya dengan buka bersama di depan rumah masing-masing.

    "Takjil disediakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid. Takjil ini untuk semua warga, baik yang muslim maupun yang nonmuslim," tutur Zein.

    Karena tetap menjaga jarak atau physical distancing, warga pun punya ide untuk memakai drone guna mendokumentasikan kegiatan yang tergolong langka ini.

    Peringatan 100 Hari Wafatnya Gus Sholah Digelar Sederhana dan Secara Daring

    Warga pun aktif melakukan tanya-jawab sambil menunggu waktu buka puasa. Saat berbuka tiba, warga pun terlihat makin antusias. Mereka berbuka bersama keluarga di di depan rumah masing-masing dan saling menyapa dari jarak jauh via drone tersebut.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.