Pasien Covid-19 di RSSA Malang Coba Kabur Dari Rumah Sakit

Kondisi umum pasien dinyatakan ada perbaikan secara klinis, sehingga direkomendasikan untuk isolasi mandiri

Pasien Covid-19 di RSSA Malang Coba Kabur Dari Rumah Sakit Ruang Isolasi RSSA Malang. (Antaranews.com)

    Madiunpos.com, MALANG — Seorang pasien positif Covid-19 di Malang berupaya kabur dari rumah sakit. Beruntung pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Saiful Anwar atau biasa dikenal sebagai RSSA Malang berhasil mencegahnya.

    Direktur RSSA Malang Kohar Hari Santoso mengatakan pasien perempuan dengan status positif Covid-19 berusaha meninggalkan rumah sakit pada Selasa (14/7/2020). Padahal pasien baru saja dinyatakan kondisinya mulai membaik.

    “Pada Selasa siang, kondisi umum pasien dinyatakan ada perbaikan secara klinis, sehingga direkomendasikan untuk isolasi mandiri. Namun, pasien tidak sabar dan berusaha keluar dari ruang isolasi,” kata Kohar, seperti dilansir dari Antaranews.com, Rabu (15/7/2020).

    Satu Kelurahan di Kota Malang PSBL, Karena Puluhan Warga Positif Covid-19

    Setelah dinyatakan ada perbaikan kondisi secara klinis, lanjutnya, pihak RSSA menghubungi Dinas Kesehatan Kota Malang. Agar Dinkes melakukan penjemputan pasien untuk dibawa pulang menjalani isolasi mandiri.

    Namun, pasien tersebut merasa tidak sabar dan berusaha keluar dari ruang isolasi. Ini terjadi saat petugas dan perawat sedang melakukan penanganan pasien lainnya. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa sekitar pukul 14.00 WIB.

    Usaha pasien positif Covid-19 tersebut diketahui oleh petugas melalui kamera Closed Circuit Television (CCTV). Petugas yang berjaga berusaha menghentikan pasien tersebut yang hendak meninggalkan gedung rumah sakit.

    Viral Ruang Kelas SMKN 4 Malang Jadi Kamar Hotel

    “Namun, karena petugas tidak mengenakan APD [alat pelindung diri]lengkap. Petugas hanya bisa memperingatkan secara verbal dan mengikuti pasien tersebut,” ujar Kohar.

    Berhasil Dibujuk

    Pasien positif Covid-19 tersebut sempat berada di luar rumah sakit dan mendekati tukang ojek. Petugas dengan APD lengkap menghampiri pasien dan membujuknya untuk kembali ke rumah sakit.

    “Namun, akhirnya pasien bisa dibujuk dan dievakuasi ke ruang isolasi rumah sakit. Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit,” kata Kohar.

    Rekor! Kasus Positif Covid-19 Ponorogo Bertambah 15 Orang Hari Ini

    Usai dilakukan evakuasi tersebut, lanjut Kohar, petugas dari Dinas Kesehatan Kota Malang tiba untuk menjemput pasien. Selanjutnya pasien isolasi mandiri di rumah, diawasi Dinas Kesehatan Kota Malang.

    Kohar menjelaskan, pasien positif Covid-19 tersebut merupakan pasien isolasi yang baru saja melakukan persalinan pada Minggu (12/7). Pasien tersebut, ditempatkan di ruang isolasi, yang memiliki fasilitas standard VIP.

    Tips Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Udara di Ruangan Tertutup Ber-AC

    Pihak RSUD dr Saiful Anwar Malang akan memperketat dan membedakan akses keluar masuk bagi pasien dan tenaga kesehatan yang bertugas agar tidak ada lagi kejadian pasien berusaha meninggalkan rumah sakit sebelum waktunya.

    Selain itu, komunikasi antara pasien dan keluarga pasien akan ditingkatkan. Tujuannya agar bisa memahami hak dan kewajiban pasien pada saat berada di ruang isolasi penanganan Covid-19.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.