Pedagang Pasar Minulyo Pacitan Rapid Test, 119 Orang Reaktif

Anggota Satgas Covid-19, Hendra Purwaka, mengatakan dari 490 pedagang Pasar Minulyo Pacitan yang diambil sampel darahnya, 119 orang dinyatakan reaktif.

Pedagang Pasar Minulyo Pacitan Rapid Test, 119 Orang Reaktif Ratusan pedagang Pasar Minulyo Pacitan melakukan rapid test (Purwo Sumodiharjo/detikcom)

    Madiunpos.com, PACITAN - Ratusan pedagang Pasar Minulyo, Pacitan, Jawa Timur, menjalani rapid test untuk memutus persebaran Covid-19.

    Kegiatan pemeriksaan berlangsung sejak pukul 07.00 WIB. Banyaknya peserta rapid test membuat mereka harus menanti cukup lama untuk mendapat giliran.

    Keseluruhan tahap pemeriksaan baru selesai sekitar pukul 09.00 WIB. Bersamaan kegiatan rapid test berlangsung, BPBD juga melakukan penyemprotan disinfektan di area pasar Jl Gatot Subroto.

    Ngeri! 4 Sekeluarga di Trenggalek Meninggal Beruntun, 3 Positif Covid-19

    "Sebenarnya terdaftar 558 orang pedagang Pasar Minulyo ini. Memang dari yang terdaftar tersebut ada yang belum hadir," kata anggota Satgas Covid-19, Hendra Purwaka, kepada wartawan di lokasi, Sabtu (23/1/2021).

    Sesuai hasil pemeriksaan antibodi, dari 490 pedagang yang diambil sampel darahnya, 119 orang dinyatakan reaktif. Sedangkan 371 sisanya non reaktif. Selanjutnya mereka yang reaktif diedukasi untuk mengikuti tes PCR.

    Aktivitas pasar tradisional, lanjut Hendra, memang menjadi perhatian khusus. Hal itu karena tiap harinya lalu lintas manusia cukup padat. Mobilitas orang yang cukup tinggi tersebut tentu saja rawan penularan.

    Khofifah Muncul Sebagai Nama Jalan di Google Map, Kok Bisa?

    "Bukan kita curigai. Tapi memang ini dilakukan untuk screening dalam rangka memutus rantai penularan [Covid-19]," tukas Hendra yang juga menjabat Plt Kadinkes.

    Hendra kembali menegaskan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Itu bukan hanya bagi mereka yang hasil testnya reaktif. Namun kebijakan itu juga berlaku pada masyarakat secara umum bahkan yang merasa dirinya sehat.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.