Pembatalan Haji 2020 Diprediksi Menambah Panjang Antrean, Berapa Lama Masa Tunggu untuk Jatim?

Masa tunggu ibadah haji untuk Jawa Timur dalam kondisi normal sudah mencapai 28 tahun.

Pembatalan Haji 2020 Diprediksi Menambah Panjang Antrean, Berapa Lama Masa Tunggu untuk Jatim? Calon jemaah haji Indonesia. (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN — Antusiasme umat muslim di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji meningkat dari tahun ke tahun. Maka tak heran daftar tunggu keberangkatan haji pun makin kian lama hingga terkesan tak rasional.

    Dengan adanya pembatalan pemberangkatan jemaah calon haji pada tahun ini akibat pandemi Covid-19, kemungkinan akan terjadi perpanjangan masa tunggu ibadah haji.

    Untuk umat muslim di Jawa Timur, waiting list atau daftar tunggu untuk berangkat haji sudah mencapai 2048. Artinya, jika Anda warga Jatim dan mendaftar haji pada tahun ini, paling cepat Anda akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 2048 atau 28 tahun mendatang. Itu dengan catatan dalam kondisi normal, tidak ada penambahan kuota atau hal lain yang mengubah jadwal keberangkatan. Itu juga belum menghitung pembatalan pemberangkatan jemaah calhaj tahun ini.

    34.869 Calhaj Jawa Timur Terdampak Keputusan Pemerintah Tak Berangkatkan Haji Tahun Ini

    Dari 34 provinsi di Indonesia, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang mendapat kuota haji terbanyak, yakni 34.416 orang. Sementara yang mendaftar mencapai 774.920 orang. Hal ini mengacu pada daftar tunggu jemaah calon haji (calhaj) yang dirilis https://haji.kemenag.go.id/ yang dipantau Madiunpos.com pada Selasa (2/6/2020).

    Kuota haji provinsi lain bervariasi, seperti DKI Jakarta hanya 7.766 orang, Jawa Tengah 29.786 orang, dan Bali 686 orang.

    Sementara daftar tunggul terlama dipegang Provinsi Kalimantan Selatan yang mencapai 33 tahun. Sementara provinsi yang paling pendek waktu tunggunya adalah Maluku, yakni 12 tahun.

    Lama antrean haji di Indonesia. (Kemenag)

    Tak Lagi Merah, Peta Kota Surabaya Jadi Hitam, Apa Artinya?

    Bukan Cuma di Indonesia

    Jawa Timur bersama Kalimantan Utara berada di urutan ketiga dalam daftar provinsi dengan masa tunggu haji terlama, yakni 28 tahun. Di atas Jatim dan Kalimantan Utara ada Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat dengan masa tunggu 31 tahun.

    Masa tunggu haji yang sangat lama sejatinya tidak hanya terjadi di Indonesia. Negara lain di ASEAN juga mengalami hal serupa.

    “Antrean berangkat haji Malaysia itu sampai 120 tahun. Kalau di Singapura mencapai 34 tahun,” tutur Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Djumali, usai menghadiri pertemuan para Konsul Haji Negara ASEAN dan Sri Langka, di Jeddah, Selasa (27/08/2019), seperti dikutip dari okezone.

    Daftar biaya haji di Indonesia. (Kemenag)


    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.