Pemkab Ponorogo Raih Penghargaan dari BPKP Jatim

Pemkab Ponorogo meraih penghargaan kategori Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari BPKP Jatim.

Pemkab Ponorogo Raih Penghargaan dari BPKP Jatim Plt. Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Nurdin, menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekda Pemkab Ponorogo, Agus Pramono, di Surabaya, Senin (20/1/2020). (ponorogo.go.id)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Di awal tahun 2020, Pemkab Ponorogo sudah panen penghargaan. Kali ini datang dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jatim.

    Mereka memberikan penghargaan kategori Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (20/1/2020).

    Mengutip ponorogo.go.id, Bupati Ponorogo diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintahan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP di Gedung Negara Grahadi, Nurdin. Penghargaan ini menunjukkan pengendalian intern Pemkab Ponorogo telah berjalan dan terdokumentasi dengan baik.

    Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutannya mengatakan pencapaian Level 3 untuk penilaian SPIP ini termasuk dalam kategori ‘Terdefinisi’ yang artinya telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik. Namun evaluasi atas pengendalian intern dilakukan tanpa dokumentasi yang memadai.

    “Pengukuran tingkat maturasi penyelenggaraan SPIP ini bukan sekedar pencapaian target kinerja, tetapi lebih pada mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang bersih dan akuntabel” tambahnya.

    Pedoman ini memberikan panduan untuk memperbaiki penyelenggaraan SPIP, memuat langka-langkah minimal yang harus dilakukan. Perlu digaris bawahi bahwa setiap organisasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga mungkin diperlukan cara-cara atau strategi lain yang berbeda untuk mencapai penyelenggaraan SPIP yang optimum.

    Sebelum ini, tepatnya pada November 2019, Pemkab Ponorogo meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI  dan  Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.