Pemkab Ponorogo Segera Perbaiki 2 Tanggul Yang Jebol

Pemerintah Kabupaten Ponorogo akan segera memperbaiki dua tanggul di Desa Grogol dan Desa Maguwan yang jebol diterjang banjir.

Pemkab Ponorogo Segera Perbaiki 2 Tanggul Yang Jebol Tanggul di Ponorogo yang jebol. (detik.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Pemerintah Kabupaten Ponorogo segera memperbaiki dua tanggul di Desa Grogol dan Desa Maguwan yang jebol akibat diterjang banjir.

    Dua tanggul itu berada di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo dan di Desa Maguwan, Kecamatan Sambit. Dua tanggul itu jebol pada Selasa (18/2/2020) dan mengakibatkan wilayah tersebut kebanjiran.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo, mengatakan tanggul yang jebol tersebut memang sudah cukup tua dan sudah saatnya dibangun.

    Pemkab Magetan Kirim Ribuan Masker Untuk Warganya Di Hong Kong

    Pemkab mengklaim usulan pembangunan tanggul tersebut sedang dalam pengajuan. Usulan pembangunan tanggul tersebut akan diserahkan ke anggota DPR dari Ponorogo, Sri Wahyuni untuk dibawa ke Jakarta.

    "Berkas usulan itu dibawa ke Jakarta pagi dan pada sore harinya tanggul itu jebol," kata Jamus yang dikutip Madiunpos.com dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Rabu (19/2/2020).

    Untuk saat ini penanganan tanggul yang jebol itu dengan memasang kantong pasir. “Yang jelas perbaikan sudah masuk dalam usulan untuk kita perbaiki. Itu bisa dari pemerintah pusat, provinsi, atau kita sendiri. Usulan melalui anggota DPR lebih leluasa. Anggarannya bisa dilewatkan mana saja yang terpenting negara hadir," jelas dia.

    Sah! Hakim PN Surabaya Ubah Kelamin Wanita Ini Menjadi Pria

    Tanggul yang jebol itu dibangun pada 2000. Pada tahun 2011 ada sedikit perbaikan. Tanggul ini memiliki jalur yang cukup panjang dari Sungai Gendol sampai Grogol. Kondisi tanahnya rawan tergerus karena berupa tanah lempung berpasir.

    “Jadi ketika kena aliran yang agak deras tanahnya mudah terkikis. Sekalinya dia punya lubang, tanggulnya bisa jebol,” kata Jamus.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.