Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Siang Ini!

Kartu Prakerja gelombang 4 memiliki kuota 800.000 penerima program.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Siang Ini! Warga mengikuti pendampingan pendaftaran kartu prakerja di Disnaker Kota Madiun, Selasa (14/4/2020). (Istimewa-Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Pemerintah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 pada Sabtu (8/8/2020) ini setelah sempat ditunda. Masyarakat bisa mendaftar mulai pukul 12.00 WIB nanti.

    "Kita akan memulai pembukaan batch 4 ini di hari Sabtu (Sabtu 8/8/2020)," kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin dalam teleconference, Jumat (7/8/2020). Dia mengatakan, kuota untuk Kartu Prakerja ini akan lebih banyak dibanding sebelumnya.

    Pendaftaran akan dibuka melalui situs prakerja.go.id. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan pendaftaran akan dibuka Sabtu siang pukul 12.00 WIB dengan kuota 800.000 orang.

    Disnaker Kota Madiun Sediakan Posko Pendampingan Pendaftaran Kartu Prakerja

    Menurut Susiwijono besarnya insentif yang diberikan pada peserta Kartu Prakerja gelombang 4 ini tetap sama seperti sebelumnya yakni Rp 3.550.000. "Dan dengan alokasi bantuan pelatihan dan insentif masih sama," katanya, seperti dikutip dari detik.com.

    Rudy menambahkan kuota peserta Kartu Prakerja sebanyak 800 ribu yang telah ditetapkan untuk gelombang 4 akan berlaku untuk gelombang ke depannya. Kecuali, jika ada perubahan ke depan. "Kuota 800.000 kita berharap di akhir Oktober kalau misalkan lancar semua kemungkinan target 5,6 juta di tahun 2020 ini terselesaikan di akhir bulan Oktober," sambung Rudy.

    Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id

    1. Masukkan email atau nomor ponsel.
    2. Klik Daftar.
    3. Selanjutnya pilih metode verifikasi.
    4. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.
    5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.

    Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Prakerja. Caranya antara lain:

    1. Login akun, Klik Daftar Kartu Prakerja.
    2. Isi formulir pendaftaran.
    3. Klik Selanjutnya.
    4. Lakukan Tes Kemampuan Dasar.
    5. Klik Selesai.

    Wagub Jatim Minta Korban PHK Daftar Kartu Prakerja Secara Mandiri

    Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, pengguna akan menerima notifikasi berikutnya di akun. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, kamu dapat memeriksa status pendaftaran Kartu Prakerja melalui akun kamu di situs Kartu Prakerja dan klik cek status pendaftaran.

    Kartu Prakerja diprioritaskan untuk mereka yang membutuhkan. Rudy menjelaskan berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja, saat ini ada 2,1 juta orang yang di PHK dan dirumahkan. Orang-orang ini ialah yang diprioritaskan untuk mendapat Kartu Prakerja.

    Dalam aturan ini kemudian memuat siapa saja yang tidak boleh menerima Kartu Prakerja, mulai dari aparatur sipil negara (ASN) atau PNS hingga perangkat desa. "Dalam Permenko 11 juga mengatur pengecualian terhadap siapa-siapa yang bukan berhak menjadi peserta Kartu Prakerja yakni antara lain pejabat negara, aparatur sipil negara, anggota Polri atau prajurit TNI, kepala desa dan perangkat desa, direksi komisaris dan dewan pengawas BUMN, serta anggota dan pimpinan DPRD," paparnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.