PERTANIAN MADIUN : Member Paguma Ngiler Budi Daya Anggur Pot

PERTANIAN MADIUN : Member Paguma Ngiler Budi Daya Anggur Pot Tanaman anggur yang dibudidayakan dalam pot. (Facebook-Maman Ndutz)

    Pertanian Madiun diwarnai dengan keinginan member Paguma untuk menanam tanaman anggur di dalam pot.

    Madiunpos.com, MADIUN — Pengguna akun Facebook Maman Ndutz mengunggah dua foto yang menggambarkan tanaman-tanaman anggur yang tumbuh dan berbuah di dalam pot. Foto tersebut Maman unggah di grup Facebook Paguma (Paguyuban Madiun), Senin (2/11/2015).

    Pantauan Madiunpos.com, unggahan Maman mendapatkan sambutan hangat dari member Paguma dengan disukai 185 akun Facebook dan mendapat 36 komentar. Sebagian besar komentar merujuk pada pertanyaan-pertanyaan tentang cara atau prosedur pembudidayaan anggur di dalam pot.

    Pengguna akun Facebook Mas Bagas Coy menanyakan cara budidaya anggur di dalam pot. Senada, pemilik akun Facebook Raden Roro Guna Pertiwi juga menyampaikan pertanyaan tentang cara budi daya anggur tersebut. "Carane budidaya dos pundi nyuwun dipun njeh sedere2 Paguma. Nuwun," tulis Raden Roro di dalam kolom komentar.

    Tanaman anggur yang dibudidayakan dalam pot. (Facebook-Maman Ndutz)
    Tanaman anggur yang dibudidayakan dalam pot. (Facebook-Maman Ndutz)

    Pengguna akun Facebook Kukun Guntur Wijaya menanyakan harga dan lokasi pembelian tanaman anggur di dalam pot. "Tuku piro regone... Dimana tempat...," tulis Kukun Guntur Wijaya.

    Sementara itu, pemilik akun Facebook Asih Putri mengutarakan ketertarikan untuk budidaya tanaman anggur di pot karena hemat tempat dan bisa sebagai tanaman hias. Namun, tanaman anggur yang tumbuh di pot tersebut bukan budi daya perkebunan di Madiun.

    Maman Ndutz menjelaskan mendapat informasi terkait budi daya tanaman anggur di pot dari video yang terunggah di Youtube. Berdasarkan temuan di Youtube, Maman menjelaskan cara menanam tanaman anggur di pot dimulai dengan menyiapkan bibit anggur.

    Menurut dia, bibit tanaman anggur ditanam terlebih dahulu di tanah hingga tinggi dua meter. "Kalau tinggi udah dua meter dahun dihabisin, kemudian batangnya dimasukin ke dalam pot, sebelum potnya dikasih tanah batang anggur dikerat melingkar, dua keratan sudah cukup, intinya seperti cangkok, kemudian kasih tanah, InsyaAllah daun baru bisa muncul bunga," jelas Maman.

    Maman menyesalkan bibit tanaman anggur impor di Madiun sulit ditemui. Menurut dia, bibit tanaman anggur yang mudah dibeli hanya yang berjenis lokal atau hijau.

    "Sayang di sini cari bibit anggur impor sulit, kalau yang hijau sudah banyak," terang Maman yang mengaku sedang terus mencari bibit tanaman anggur impor.

    Pengguna akun Facebook Darwati Ihzarisworo mengaku tanaman anggur merah. Menurut dia, butuh waktu setahun untuk bisa memeroleh hasil berupa buah anggur. "Baru buah pertama sebulan yang lalu. Tak kirain juga anggur ijo tapi tak tahunya kalau sudah masak, anggurnya berubah warna merah. Sayang buahnya cuma tiga dompol dari keseluruhan pohon dan itu pun satu dompolnya cuma beberapa biji anggur," jelas Darwati.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.