PERTANIAN MADIUN : Pemkab Madiun Yakin Target Produksi Beras 513.000 Ton Tercapai

PERTANIAN MADIUN : Pemkab Madiun Yakin Target Produksi Beras 513.000 Ton Tercapai Ilustrasi beras (Dok/JIBI/Solopos)

    Pertanian Madiun ditargetkan menghasilkan 513.000 ton beras tahun 2016.

    Madiunpos.com, MADIUN - Target produksi beras di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, diklaim masih tergolong aman meski cuaca buruk dan hama menyerang pada musim tanam musim penghujan di awal tahun 2016.

    "Sejumlah hama yang menyerang pada musim penghujan kali ini masih dapat ditoleransi. Hasilnya masih tergolong aman saat panen nanti," ujar Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Madiun Mochammad Najib kepada wartawan di Madiun, Sabtu (5/3/2016).

    Data Dinas Pertanian Kabupaten Madiun mencatat, target luas tanam padi selama tahun 2016 mencapai 82.812 hektare.

    Dari luasan tersebut, produki beras di wilayah Kabupaten Madiun pada tahun 2016 ditargetkan mencapai 513.000 ton.

    Dinas Pertanian optimistis target produksi tersebut dapat tercapai seiring dengan upaya yang dilakukan oleh dinas terkait dan juga para petani bersangkutan.

    Menurut Najib, sejumlah hama yang menyerang sawah petani saat musim tanam penghujan kali ini di antaranya wereng, tikus, dan penggerek batang.

    Selain hama, cuaca buruk yang cenderung banyak hujan ikut memengaruhi hasil panen pada musim tanam di awal tahun ini. Namun demikian, jumlahnya tidak signifikan.

    "Meski terserang hama, namun hanya spot, demikian juga dengan tanaman padi rusak akibat genangan air hanya sebagian. Sehingga tidak menyeluruh dan tidak memengaruhi target produksi," kata dia.

    Ia mengatakan Dinas Pertanian rajin memberikan penyuluhan tentang sistem pola tanam yang benar sehingga siklus tanam padi tidak terganggu hama.

    Petani juga diimbau rajin membasmi hamanya dengan menggunakan insektisida sehingga serangan hama dapat terkontrol dan tidak menyebar ke sawah dan daerah lain.

    Najib menilai dengan memerhatikan pola tanam yang benar, sebaran dan serangan hama pada tanaman padi dapat dikendalikan dengan baik.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.