Protes PPKM Darurat, Peternak Madiun Jual Murah Ayam Potong

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Darurat.

Protes PPKM Darurat, Peternak Madiun Jual Murah Ayam Potong Warga membeli ayam potong harga murah dari peternak ayam potong di Jalan Raya Dungus, Kabupaten Madiun, Kamis (15/7/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Peternak ayam potong di Kabupaten Madiun menjual murah ayamnya. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Darurat.

    Masa PPKM Darurat ini benar-benar memukul perekonomian masyarakat, tidak terkecuali peternak ayam potong. Untuk itu, mereka melakukan protes dengan mendiskon harga ayam potong senilai Rp13.000 per kilogram. Aksi tersebut dilakukan di Jalan Raya Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Kamis (15/7/2021).

    Peternak ayam potong Madiun, Fatkur Rohman, mengatakan terpaksa menjual rugi ayam potong ini dengan harga Rp13.000/kg. Padahal harga pokok produksi (HPP) senilai Rp16.000. Kondisi ini membuat peternak mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

    Pesanan Banyak yang Dibatalkan, Peternak Sapi Kurban di Madiun Menjerit

    Rohman menuturkan saat ini pembeli daging ayam semakin sedikit. Sedangkan harga jualnya terus mengalami penurunan.

    Menurutnya, kondisi ini karena kebijakan PPKM Darurat dari pemerintah. Karena kebijakan itu, banyak orang yang tidak bisa menggelar hajatan dan banyak warung makan tutup lebih awal.

    “Kami menjual ayam ini dengan harga di bawah harga produksi. Ini sebagai protes kami terhadap pemerintah,” kata dia kepada wartawan.

    Lantaran tidak mau rugi terlalu dalam, dia terpaksa menjual ayam potong tersebut dengan harga murah.

    “Kalau ayam masih hidup tidak segera dijual kan terus ngasih makan. Semakin rugi. Makanya kita jual secara individu ke pasar,” ujar dia.

    19 Jam Tenggelam di Waduk Dawuhan, Pria Madiun Ditemukan Meninggal

    Seorang pembeli ayam, Qomariah, mengatakan harga ayam potong yang dijual ini lebih murah dibandingkan yang dijual di pasar. Dia menuturkan membeli seekor ayam potong untuk dimasak di rumah.

    “Mumpung ada promo murah. Beli satu ekor, untuk konsumsi sendiri,” ujar dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.