PT Inka Bakal Bangun Kereta Gantung Pertama di Sumatera Selatan

Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, menggandeng PT Industri Kereta Api (Persero) dalam pembangunan kereta gantung (cable car).

PT Inka Bakal Bangun Kereta Gantung Pertama di Sumatera Selatan Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni (kiri) dan GM Pengembangan PT Inka Cholik M Zamzam (kanan) seusai membahas mengeni pembangunan kereta gantung, Selasa (18/1/2022). (Istimewa/Inka)
    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan, menggandeng PT Industri Kereta Api (Persero) dalam pembangunan kereta gantung (cable car). Rencananya kereta gantung tersebut untuk melengkapi fasilitas di tempat wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo.

    Senior Manager Departemen Pengembangan Bisnis PT Inka, Apoleus Karo-Karo, mengatakan Inka telah melakukan kunjungan ke Pemkot Pagar Alam, Sumsel, pada Selasa (18/1/2022). Kunjungan tersebut untuk mematangkan kerja sama dalam pembangunan kereta gantung di area wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo di Pagar Alam. Pihaknya juga melakukan studi kelayakan terkait sistem transportasi tersebut serta menyediakan sarananya.

    Dia menuturkan transportasi wisata kereta gantung ini merupakan alat transportasi berbasis kabel. Yang mana ruang kabin yang biasa disebut gondola ini diangkut di atas tanah dengan menggunakan satu kabel atau lebih.

    Rumahnya Roboh Diterjang Banjir, Pembuat Tempe di Madiun Ini Tak Bisa Lagi Produksi

    Model transportasi ini, kata dia, biasanya diaplikasikan di area pegunungan, pusat tambang, dan kawasan wisata. Kereta gantung ini biasanya untuk menghubungkan antara satu titik objek dengan objek lain.

    “Untuk jenis kabin biasanya menggunakan gondola berkapasitas 4 sampai 12 penumpang. Kereta gantung nantinya dapat digunakan untuk menikmati pemandangan ke segala arah,” jelas Apoleous dalam keterangan pers, Kamis (20/1/2022).

    Sementara itu, Wali Kota Pagar Alam, Alpin Maskoni, mengatakan kehadiran PT Inka ke Pagar Alam tentu akan meningkatkan keyakinan dalam merealisasikan rencana pembangunan kereta gantung itu. Bahkan, digadang-gadang kereta kabel ini bakal menjadi yang pertama di Sumatera Selatan.

    Kebutuhan Benih Porang di Indonesia Capai 100.000 Ton

    “Jika pembangunan kereta gantung dapat terealisasi, tentunya akan sejalan dengan visi Kota Pagar Alam yang terus berkomitmen sebagai kota kunjungan wisata terdepan di Sumatera Selatan,” papar Alpian.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.