RAMADAN 2017 : Pemkot Madiun Gelar Operasi Pasar untuk Tekan Harga Kebutuhan Pokok

RAMADAN 2017 : Pemkot Madiun Gelar Operasi Pasar untuk Tekan Harga Kebutuhan Pokok Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok saat Operasi Pasar Murni di Pasar Sleko Kota Madiun, Senin (5/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Ramadan 2017, Pemkot Madiun menggelar operasi pasar untuk menekan harga kebutuhan pokok di pasaran.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar Operasi Pasar Murni (OPM) di Pasar Sleko, Kota Madiun, Senin (5/6/2017) pagi. OPM ini untuk menekan harga kebutuhan pokok saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

    Puluhan orang memadati operasi pasar itu untuk berbelanja sejumlah kebutuhan pokok. Mereka mengantre untuk mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

    Dalam operasi pasar ini, Pemkot Madiun bekerja sama dengan Bulog Madiun dan Bank Indonesia Kediri. Wakil Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan ada sembilan bahan kebutuhan pokok yang dijual di OPM.

    Operasi pasar akan dilaksanakan selama 16 hari di Pasar Sleko dan Pasar Besar Kota Madiun. Dia berharap OPM ini dapat menekan harga kebutuhan pokok yang semakin melambung saat Ramadan.

    "Ini juga untuk meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga sembako pada saat Ramadan ini," jelas dia saat membuka OPM itu.

    Sugeng menuturkan seluruh barang yang dijual dalam operasi pasar ini dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Barang yang dijual ini disubsidi Bank Indonesia dan barangnya disediakan Bulog.

    Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Rachmad Tony, mengatakan kegiatan OPM ini merupakan program Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk mengendalikan inflasi di pasaran. "Dalam perekonomian, inflasi ini sangat penting untuk dikendalikan," ujar dia.

    Seorang warga, Mujiati, mengatakan tertarik mengikuti OPM ini lantaran harga kebutuhan pokok yang ditawarkan lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Dia menyampaikan harga kebutuhan pokok di pasaran saat ini naik.

    "Di pasar, harga bawang merah Rp30.000/kg, bawang putih Rp42.000/kg. Kalau di sini harganya lebih murah," ujar dia.

    Harga jual sejumlah kebutuhan pokok di OPM yaitu gula pasir Rp11.500/kg, minyak goreng Rp10.800/liter, beras medium Rp7.800/kg, beras premium Rp8.200/kg, beras premium 2 Rp9.000/kg, telur Rp19.000/kg, tepung terigu Rp6.500/kg, bawang putih 38.000/kg, dan bawang merah Rp20.000/kg.



    Editor : Suharsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.