Ratusan IKM di Kota Madiun Manfaatkan Sertifikasi Halal Gratis

Sebanyak 300 Industri Kecil dan Menengah (IKM) produk makanan di Kota Madiun, Jawa Timur, telah mendapatkan sertifikat halal.

Ratusan IKM di Kota Madiun Manfaatkan Sertifikasi Halal Gratis Wali Kota Madiun Maidi saat menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku industri kecil dan menengah di Kota Madiun, Rabu (10/5/2023). (Abdul Jalil/Solopos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 300 Industri Kecil dan Menengah (IKM) produk makanan di Kota Madiun, Jawa Timur, telah mendapatkan sertifikat halal. Pemkot Madiun mendorong pelaku IKM untuk segera mengurus sertifikat halal.

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan sertifikasi halal ini penting bagi pengembangan produk IKM. Sehingga para konsumen mendapatkan kepastian terkait kehalalan suatu produk.

    “Sertifikat halal ini penting ya supaya produk itu terjamin kehalalannya. Untuk itu, saya mendorong kepada pelaku IKM untuk segera mengurusnya,” jelas Maidi seusai Sosialiasi Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Madiun, Rabu (10/5/2023).

    Maidi menyampaikan pemkot akan memberikan fasilitasi untuk mendukung pelaku IKM dalam mengurus sertifikasi halal.

    “Yang penting, pelaku IKM ini harus memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal,” ujar Maidi.

    Baca Juga: Keluarga Merasa Janggal, Makam Pensiunan Polisi di Jombang Dibongkar, untuk Kebutuhan Autopsi

    Satgas Halal Kementerian Agama Kota Madiun, Datik Ardiah, mengatakan Januari hingga Mei 2023 sudah ada sekitar 300 IKM di Kota Madiun yang mendapatkan sertifikat halal. Ratusan IKM tersebut merupakan usaha di bidang produk makanan, seperti roti, sambal pecel, dan lainnya.

    Dia mendorong supaya pelaku IKM segera mengurus sertifikasi halal tersebut. Apalagi saat ini ada program sertifikasi halal gratis dari Kemenag dengan kuota 1 juta.

    “Program sertifikasi halal gratis ini bisa diakses pelaku IKM. Kami juga akan mendampingi dalam pengurusannya. Saat ini masih banyak IKM di Madiun yang belum mengurusnya,” jelas dia.

    Datik menyampaikan terus melakukan sosialiasi terkait program ini bersama Pemkot Madiun. Apalagi Wali Kota mengharapkan adanya ekosistem halal. Sehingga sertifikasi halal ini sangat penting.

    Baca Juga: Uji Coba Rampung, Parkir Elektronik di Pasar Besar Madiun Diberlakukan Normal

    Untuk mengurus sertifikasi halal ini, kata dia, syaratnya cukup mudah. Yaitu KTP, NIB usaha, produknya jelas, dan setiap produk mempunyai label.

    “Syaratnya mudah. Pelaku IKM tinggal mengurusnya,” kata dia. (ADV)

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.