Rutinitas Pagi Sampai Malam Ini Dijamin Bisa Usir Gejala Flu

Masalah flu bisa sangat mengganggu, lakukan serangkaian rutinitas pagi, sore dan malam ini agar flu cepat hilang.

Rutinitas Pagi Sampai Malam Ini Dijamin Bisa Usir Gejala Flu Ilustrasi sayur sup ayam. (Shutterstock)

    Madiunpos.com, JAKARTA — Masyarakat Indonesia mengenal flu sebagai penyakit ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal gejala flu bisa sangat menyebalkan.

    Perasaan lemas di seluruh badan ditambah hidung meler tak nyaman. Ini membuat aktivas sehari-hari menjadi berantakan tak keruan.

    Dikutip dari Mirror Online, para ahli mengungkapkan serangkaian tips yang bisa dilakukan untuk mencegah flu yang diderita semakin parah.

    Tips Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Udara di Ruangan Tertutup Ber-AC

    Rangkaian tips tersebut bisa Anda lakukan dan terapkan mulai dari pagi, sore hingga malam hari. Kira-kira apa saja ya?

    1. Pagi

    Profesor Ron Eccles, seorang pakar flu sekaligus profesor dari Universitas Cardiff, mengatakan Anda dapat memulai hari dengan mandi air panas.

    Hal tersebut dapat “melonggarkan sekresi” di hidung berkat uap karena uap dapat membantu menghilangkan sinus yang menyumbat. Air hangat juga dapat meredakan nyeri pada anggota badan yang sering kita alami saat sakit.

    Selanjutnya, konsumsi vitamin C. Bisa dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk atau kiwi.

    Sayangnya, Anda harus sedikit berjauhan dengan kopi atau teh di pagi hari. Menurut ahli gizi, Amanda Ursell, kandungan kafein dapat membuat Anda dehidrasi. Jadi coba konsumsi jus jeruk sebagai gantinya.

    Ayo Sulap Kulit Pisang Jadi Bahan Minuman Kekinian

    2. Sore

    Memasuki sore, pastikan Anda tetap merasa nyaman dan hangat. Jika hidung terasa terlalu dingin, sistem kekebalan tidak berfungsi dengan baik, jadi Anda lebih rentan terhadap infeksi. Tetap di dalam rumah juga membatasi penyebaran infeksi.

    “Jika Anda harus keluar, kenakan syal agar tetap hangat dan jika perlu, gunakan semprotan pelembap hidung,” tambah Dr Sarah Brewer.

    Mengonsumsi sup hangat saat sore juga sangat direkomendasikan. Spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, Adam Frosh mengatakan bahwa sup sangat nyaman di perut, bergizi dan membuat Anda merasa lebih baik.

    Dia juga menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air. Hal tersebut dapat mencegah perasaan gatal di tenggorokan.

    Jauhi minuman keras seperti alkohol dan beralih ambil kudapapan lain. Seperti kacang yang mengandung selenium dan dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

    Jangan Dibuang, Biji Semangka Ternyata Bagus Untuk Kesehatan

    3. Malam

    Amanda mengatakan rempah-rempah panas dapat mengiritasi lapisan hidung. Juga membuat hidung lebih mudah untuk dibersihkan sekaligus membantu Anda merasa lebih baik.

    Dalam hal pengobatan medis. Spesialis THT Adam merekomendasikan kombinasi parasetamol dan ibuprofen dengan jumlah yang disarankan.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.