Sebelas Perguruan Silat di Madiun Bacakan Deklarasi Damai Jelang 1 Sura

Sebelas perguruan silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Madiun membacakan deklarasi damai, Rabu (19/8/2020).

Sebelas Perguruan Silat di Madiun Bacakan Deklarasi Damai Jelang 1 Sura Perwakilan dari 11 perguruan silat di Kota Madiun membacakan deklarasi damai menjelang peringatan 1 Sura, Rabu (19/8/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebelas perguruan silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Madiun membacakan deklarasi damai, Rabu (19/8/2020). Deklarasi damai ini sebagai wujud komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Madiun menjelang 1 Sura.

    Ketua IPSI Kota Madiun, Tono Suharyanto, mengatakan seluruh perguruan silat yang tergabung dalam IPSI secara bersama-sama membaca deklarasi damai. Diharapkan dengan deklarasi damai ini seluruh pesilat bisa menjaga kondusifitas di wilayah Kota Madiun.

    “Kami menginginkan incan pencak silat, khususnya di wilayah Kota Madiun bisa menjaga harkat dan martabat pesilat. Sehingga tidak ada masyarakat yang takut dan terganggu,” kata dia seusai pembacaan deklarasi damai di aula Pabrik Gula Rejoagung.

    Keras! Pesilat Datang ke Madiun saat 1 Sura Langsung Diisolasi 14 Hari

    Tono menyampaikan seluruh perguruan silat sudah menyepakati bahwa pada peringatan 1 Sura tahun ini tidak ada kegiatan pengumpulan massa seperti Suroan dan Suran Agung. Diharapkan seluruh pesilat bisa mematuhi komitmen tersebut.

    Bagi pesilat dari luar kota yang nekat masuk ke wilayah Kota Madiun akan dihalau oleh petugas keamanan yang berjaga.

    “Kami sudah mengimbau kepada masing-masing perguruan supaya bisa mentaati deklarasi damai,” katanya.

    IPSI Kota Madiun, lanjut Tono, berharap dengan terciptanya kondusifitas wilayah bisa menjadikan perguruan silat menjadi obyek wisata budaya. Tentunya ini melengkapi konsep Madiun Kota Pendekar.

    Malam Ini Masih Tutup! Jalur Pendakian Cemoro Sewu Baru Dibuka 1 Sura

    Karo Ops Polda Jatim, Kombes Pol Puji Santosa, mengatakan Polda Jatim memberikan atensi terhadap pelaksanaan kegiatan 1 Sura di wilayah Madiun. Polda Jatim ikut membantu pengamanan wilayah di Kota Madiun pada momen 1 Sura.

    Dia menegaskan jika ada kegiatan pada 1 Sura yang tidak sesuai dengan deklarasi damai akan langsung ditindak aparat sesuai aturan. “Semua padepokan harus saling menjaga agar situasi Kamtibmas bisa tetap kondusif,” ujar dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.