Selain Daging Sapi, Berikut Ini Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin

Kekurangan hemoglobin (Hb) dalam darah dapat mengakibatkan fungsi sistem tubuh terganggu. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan Hb dalam darah.

Selain Daging Sapi, Berikut Ini Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin Ilustrasi makanan laut. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Hemoglobin atau biasa disebut Hb adalah protein kaya zat besi yang ada di dalam sel darah merah, dan bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

    Jika kadar Hb rendah, maka fungsinya akan terganggu. Rendahnya Hb di dalam sel darah merah bisa diakibatkan beberapa hal, seperti anemia defisiensi besi, infeksi saluran kemih, hingga masalah hati.

    Mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, asam folat dan vitamin B-12 membantu dalam menjaga kadar hemoglobin. Makanan penambah Hb sangatlah dibutuhkan meningkatkan kadar Hb di dalam darah secara alami.

    11 November Jadi Hari Jomlo Sedunia, Ini Manfaat Melajang bagi Kesehatan

    Berikut adalah daftar makanan untuk meningkatkan Hb rendah dikutip dari hellosehat.com Rabu (11/11/2020).

    1. Daging sapi

    Daging sapi panggang tanpa lemak dan daging sapi giling merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Di dalam daging sapi terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, sel darah merah pun dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup.

    1. Jeroan sapi

    Jeroan sapi termasuk jantung, otak, ginjal, hingga hati sapi merupakan makanan dengan sumber zat besi  terbaik untuk penambah hemoglobin. Dalam satu porsi hati sapi (100 gram), terdapat zat besi sebanyak 6,5 mg.

    Anda disarankan mengkonsumsi beberapa kali dalam satu pekan. Namun, jika Anda hamil, jangan makan hati sapi lebih dari 1-2 kali dalam satu bulan, khususnya pada trisemester pertama.

    7 Cara Mendapatkan Semangat Hidup Kembali saat Depresi

    1. Daging ayam

    Selain daging sapi, daging ayam juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb yang rendah. Anda disarankan mengkonsumsi daging ayam bagian paha sekali dalam sehari.

    Daging ayam bagian dada juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin Anda, tetapi tidak sebaik bagian paha. Pastikan memasak daging ayam dengan matang sempurna sebelum mengkonsumsinya.

    1. Makanan laut

    Makanan laut seperti kerang dan udang juga mengandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan hemoglobin (Hb) dalam darah. Dalam satu porsi penyajian, kerang bisa mengandung zat besi hingga 3 mg.

    Selain kerang dan udang, ikan tuna juga mengandung zat besi. Dalam 85 gram tuna terdapat 1,4 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah.

    1. Tahu

    Protein nabati seperti tahu juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan hemoglobin. Satu porsi tahu (100 gram) mengandung 2,66 mg zat besi dan sejumlah mineral, termasuk kalsium, magnesium dan selenium.

    Prediksi Sementara BPPTKG: Erupsi Merapi Takkan Sebesar 2010

    1. Sayur dan buah

    Mengkonsumsi makanan penambah hemoglobin saja tidak cukup jika proses penyerapannya tidak berjalan baik. Untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan baik, Anda perlu makan makanan kaya vitamin C secara bersamaan.

    Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Makanan tinggi vitamin C contohnya sayuran hijau seperti bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan Hb secara optimal.

    Selain itu, brokoli yang kaya vitamin C juga dikenal sebagai sayuran yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.