7 Cara Mendapatkan Semangat Hidup Kembali saat Depresi

Saat sedang depresi, seseorang akan dihantui oleh pikiran-pikiran buruk. Ada beberapa cara agar seseorang bisa mendapatkan semangat hidupnya kembali.

7 Cara Mendapatkan Semangat Hidup Kembali saat Depresi Ilustrasi orang depresi (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang membuat seseorang kehilangan minat dan merasa sedih berkepanjangan sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup sehari-hari.

    Depresi dapat mempengaruhi perasaan serta cara berpikir dan berperilaku. Depresi yang tidak segera diatasi juga dapat meningkatkan kemungkinan perilaku berisiko seperti kecanduan narkoba atau alkohol hingga munculnya keinginan bunuh diri.

    Bagi mereka yang mengalami depresi, menjalani kegiatan setiap harinya tidak akan mudah. Berbagai pikiran buruk ditambah dengan perasaan sendirian membuat orang dengan depresi kehilangan gairah menghadapi hidup.

    Wow, Rel Trem Zaman Belanda Ditemukan di Lokasi Pembangunan Malang Heritage

    Dikutip dari klikdokter.com (11/11/2020), berikut beberapa cara mengatasi depresi agar semangat hidup Anda kembali.

    1. Keluar dan berkomunikasi

    Saat mengalami depresi, Anda menjadi mudah berpikir negatif tentang semua hal dan cenderung ingin mengurung diri saja. Lawan keinginan tersebut dengan melangkahkan kaki keluar kamar atau rumah dan mulai berkomunikasi dengan orang lain.

    Lingkupi diri dengan lingkungan dan teman-teman yang suportif dan positif, sehingga menolong Anda untuk memiliki perspektif baru. Usahakan agar Anda bertemu muka saat bercakap-cakap.

    1. Lakukan apa yang Anda senangi

    Cara mengatasi depresi bisa juga dengan melakukan apa yang Anda senangi. Meski sulit, lakukanlah hal-hal yang menjadi hobi Anda. Apa pun hobi Anda, coba lakukanlah dengan bertahap. Dengan begitu, Anda dapat mengembalikan semangat yang sudah lama terkubur.

    1. Mulai rutin berolahraga

    Berolahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan senang. Selain itu, olahraga juga mampu memperbaiki mood seseorang dan meningkatkan rasa positif.  Pilihlah olahraga yang cocok dengan Anda. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih baik sehingga semangat bisa bangkit kembali.

    Kepala Puskesmas dan Bidan Ternyata Aktor Video Mesum di Jember

    1. Konsumsi makanan sehat

    Pola makan sehat dapat membantu menangkal depresi. Bahan makanan yang mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, asparagus dan alpukat, serta asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dapat membantu mengurangi gejala depresi.

    Apa yang Anda makan bisa sangat berperan dalam mengatasi depresi yang Anda alami. Jadi, hindarilah makanan-makanan cepat saji dan tinggi lemak jenuh.

    1. Berjemur di pagi hari

    Studi ilmiah menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan senyawa serotonin dalam tubuh sehingga mengurangi depresi.

    Usahakan agar setiap pagi Anda berjemur setidaknya selama 30 menit. Anda juga bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan pikiran dan hati.

    1. Cukup istirahat

    Depresi memang dapat menyebabkan gangguan tidur. Namun, jangan biarkan hal tersebut membuat Anda kurang istirahat. Waktu tidur yang pendek dapat memperburuk gejala depresi.

    Buatlah kamar tidur Anda senyaman mungkin. Matikan lampu saat hendak tidur, hindari menggunakan ponsel atau menonton televisi sebelum tidur. Cara-cara tersebut dapat membuat tubuh Anda siap untuk tidur.

    Prediksi Sementara BPPTKG: Erupsi Merapi Takkan Sebesar 2010

    1. Lawan pikiran buruk

    Peperangan yang dihadapi oleh penderita depresi adalah dalam pikiran. Anda mungkin berpikir bahwa diri Anda tidak berguna, tidak memiliki teman, lebih baik mengakhiri hidup dan sebagainya.

    Lawan pikiran buruk tersebut dengan logika dan akal sehat. Memang perlu proses, tetapi Anda pasti dapat melakukannya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.