Selain Mitos Bintik Putih, Inilah Fakta Menarik Tentang Kuku Manusia

Ada beberapa fakta-fakta unik tentang kuku manusia.

Selain Mitos Bintik Putih, Inilah Fakta Menarik Tentang Kuku Manusia Ilustrasi kuku. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Kuku adalah salah satu bagian tubuh manusia yang cukup unik. Sejumlah wanita bisa menghabiskan waktunya untuk memastikan kukunya terlihat menarik. Namun masih banyak di antara Anda yang kurang memperhatikan kondisi kuku.

    Kuku juga salah satu bagian tubuh yang tak luput dari beberapa mitos yang kerap diperbincangkan. Seperti bintik putih pada kuku yang menjadi tanda bahwa berapa orang yang menyukai dan membenci.

    Dilansir dari halodoc.com, Kamis (5/11/2020), selain mitos bintik putih pada kuku, ada beberapa fakta-fakta unik tentang kuku manusia.

    Polisi Buru Penyebar Pertama Video Seks “Mirip Gisel”

    1. Bahan dasar kuku

    Kuku terbuat dari keratin atau lapisan protein yang tumbuh dari lapisan sel di bawah kutikel (bagian berwarna putih di dasar kuku). Kuku ini terbentuk dari dari sel-sel mati yang mengeras, sehingga tidak ada jaringan saraf yang terbentuk di dalamnya. Jadi, jangan heran jika Anda tidak merasa kesakitan saat memotong kuku.

    1. Pertumbuhan kuku

    Kuku akan memanjang secara alami. Itu sebabnya, Anda perlu rutin memotong kuku untuk menjaga kebersihan dan kerapian. American Academy of Dermatology menyebutkan, pertumbuhan kuku di jari tangan adalah 3,5 milimeter per bulannya, lebih cepat dibandingkan kuku di jari kaki yang tumbuh 1,6 milimeter per bulan. Jika Anda kehilangan kuku, barulah dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk kuku tumbuh secara utuh, yaitu sekitar 3-5 bulan.

    Diduga Rem Blong, Truk Fuso Sebabkan 8 Kendaraan Kecelakaan Karambol di Batu

    1. Bintik putih pada kuku

    Beberapa orang percaya bahwa jumlah bintik putih pada kuku bisa menunjukkan jumlah orang yang membenci (jika bintik putih berada di jari tangan kiri) atau menyukainya (jika bintik putih berada di jari tangan kanan). Padahal hal tersebut hanyalah mitos.

    Sebenarnya, bintik putih pada kuku (leukonychia) bisa disebabkan oleh kurangnya kalsium atau zinc, serta kondisi kesehatan lain. Penyebab yang paling sering adalah trauma pada kuku, seperti akibat kebiasaan menggigit kuku (nail biting) atau terbentur.

    1. Kuku orang meninggal

    Jika diperhatikan, kuku orang meninggal tampak lebih panjang dibandingkan orang yang masih hidup. Sebenarnya, ini bukan karena kuku orang yang meninggal masih tumbuh, melainkan karena kulit di sekitarnya mengerut sehingga kuku tampak lebih panjang.

    Saat seseorang meninggal, hormon pertumbuhannya akan terhenti sehingga membuat kuku dan rambutnya tidak akan tumbuh lagi. Meski begitu, kondisi dehidrasi (kekurangan cairan) setelah meninggal membuat kulit dan jaringan lunak di sekitarnya menyusut.

    Heboh Boikot Produk Prancis, Hotman Paris Ngotot Enggak Akan Ganti Nama

    1. Kulit sobek di sisi kuku

    Saat memotong kuku, tak jarang akan muncul kulit yang robek di pinggirnya. Sebaiknya, Anda tidak menarik kulit yang sobek di pinggir kuku. Alasannya karena hal ini bisa meningkatkan risiko pendarahan dan infeksi pada kuku. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan gunting kuku yang bersih untuk mencabutnya dengan perlahan.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.