Selamat, Pemkot Madiun dapat Solopos Digital Award 2021

Pemerintah Kota Madiun mendapat penghargaan dari Solopos Digital Award (SDA) 2021.

Selamat, Pemkot Madiun dapat Solopos Digital Award 2021 Wali Kota Madiun, Maidi, menerima penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021, Rabu (4/8/2021). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun mendapat penghargaan dari Solopos Digital Award (SDA) 2021. Pemkot Madiun mendapatkan penghargaan Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Madiun Raya.

    Pemberian penghargaan tersebut bersamaan talkshow spesial dengan tema Makin Dekat Makin Cepat yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (4/8/2021) malam.

    Selain Pemkot Madiun, SDA 2021 juga memberikan penghargaan untuk kategori Best Digital Performance Humas di Jateng diraih Pemerintah Kota Semarang. Best Digital Performance Humas Pemerintah Daerah di Soloraya diberikan kepada Humas Pemkab Karanganyar. Best Digital Performance kategori Pemerintah Daerah di Soloraya diraih Pemkab Klaten.

    Kayak di Film Aksi! Pengusaha Jakarta Dibekap di Mobil, Penculik Minta Tebusan Rp5 Miliar

    Dalam SDA 2021 juga memberikan penghargaan bagi figure kepala daerah, Bupati Klaten Sri Mulyani sebagai Best Figure Digital Performance di Soloraya. Wali Kota Semarang, Hednrar Prihadi sebagai Best Figure Digital Performance versi Twitter. Bupati Banyumas, Achmad Husein meraih Best Figure Digital Performance versi Facebook. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meraih Best Figure Digital Performance versi Youtube dan Instagram. Selain itu, Gibran juga mendapat penghargaan Best Figure Digital Performance di Jateng.

    Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan saat ini informasi menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Untuk itu, informasi harus dieklola secara cepat dan tepat. Pemkot Madiun juga memanfaatkan platform digital dalam penyebaran informasi.

    “Hampir semua orang khususnya yang muda-muda ini memanfaatkan platform digital. Karena itu pemerintah juga harus memanfaatkan itu untuk menyebarluaskan informasi selain memanfaatkan media-media yang lain,” jelas dia.

    Pemkot Madiun memiliki website bernama Madiuntoday yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Website itu dikelola secara profesional seperti pengelolaan portal media online.

    “Prinsipnya informasi harus segera tersampaikan. Madiuntoday ini juga seperti itu. Hari ini ada kejadian apa, langsung disampaikan kepada masyarakat,” kata dia.

    Komplotan Penculik Sekap Pengusaha Asal Jakarta di Mobil, Terungkap di Madiun

    Koordinator Tim Riset SDA 2021, Danang Nur Ikhsan, mengatakan data terbaru dari We Are Social pada Januari 2021 menyebutkan 202,6 juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna Internet. Jumlah itu mencapai 73,7% dari total populasi penduduk. Selama periode 2020-2021, We Are Social mencatat pengguna Internet di Indonesia bertambah 27 juta orang.

    “SDA adalah riset digital yang dilakukan Solopos.com untuk melihat performa organisasi atau lembaga tertentu baik di website, mesin pencari [search engine] hinga media social. Pada 2021, SDA khusus menggelar riset digital terkait pemerintah daerah di Jawa Tengah. Pemerintah di Madiun Raya dan kepala daerah [bupati/wali kota] di Jawa Tengah,” kata Danang.

    Pakar Media Sosial sekaligus Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi mengapresiasi apa yang dilakukan Solopos Media Group. Karena dengan SDA 2021 bisa terlihat sejauh mana pemerintah daerah juga kepala daerah merespons masukan masyarakat melalui media sosial.

    “Media sosial bukan hanya untuk menyampaikan kinerja pemerintah daerah, namun juga menjadi media interaksi. Bagaimana pemerintah daerah merespons ide, masukan bahkan kritikan masyarakat. Inilah erahnya Demokrasi 4.0,” ujar Ismail Fahmi.

    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui pentingnya peran media sosial di era digital sekarang ini. Masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan pemimpinnya. Menyampaikan informasi juga aduan dengan cepat sehingga pemerintah daerah bisa segera meresponsnya.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.