SEPAK BOLA MADIUN : Baru Dibuka, SSB Kodim Madiun Diikuti 70 Anak

SEPAK BOLA MADIUN : Baru Dibuka, SSB Kodim Madiun Diikuti 70 Anak Sejumlah siswa SSB Kodim Madiun menjalani latihan perdana di Lapangan Gajah Mada Madiun, Minggu (8/1/2017) pagi. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Sepak bola Madiun, Kodim Madiun membuka sekolah sepak bola.

    Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 70 anak dari Madiun menjadi siswa sekolah sepak bola (SSB) Kodim 0803/Madiun. Mereka menjadi siswa pertama di SSB yang diselenggarakan Kodim Madiun.

    Puluhan anak itu berlatih sepak bola di Lapangan Gajah Mada Madiun, Minggu (8/1/2017) pagi. Mereka menggiring bola dengan lincah.

    SSB ini diklaim menjadi sekolah sepak bola pertama yang dibuka Kodim. Komandan Kodim 0803 Madiun, Letkol (Inf) Rachman Fikri, mengaku memang hobi dan menyukai dunia sepak bola.

    Selain itu, dia melihat sepak bola bisa mempersatukan bangsa dan negara tanpa melihat suku agama ras dan antargolongan. "Saya juga prihatin terhadap kondisi sepak bola di Tanah Air. Untuk itu, saya membuka SSB ini," kata dia kepada wartawan saat launching SSB Kodim Madiun, Minggu.

    Menurut Fikri, melatih anak-anak dari kecil untuk bermain sepak bola menjadi penting supaya membentuk otot-otot kaki dan kemampuan menggiring bola yang baik. Selain itu, dibukanya SSB ini supaya anak-anak memanfaatkan waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang positif.

    "Mereka ini kan masih dalam usia produktif. Di SSB tentu akan dilatih mengenai sportivitas dan kedisiplinan. Ini juga sebagai bentuk pendidikan nasionalisme yang baik bagi anak-anak," jelas dia.

    Lebih lanjut, dia menuturkan SSB itu menggelar latihan dua kali sepekan yaitu tiap Rabu dan Minggu. Untuk biaya latihan yang dibebankan kepada siswa Rp20.000/bulan.

    Namun, biaya ini tidak mengikat, ketika ada warga yang kurang mampu hendak mengikuti latihan diperbolehkan tanpa membayar biaya. "Ini kan olahraga rakyat. Siapa saja boleh ikut. Kalau ada warga yang kurang mampu tinggal ikut saja," ujar Fikri.

    Di Madiun, kata dia, ada sekitar lima SSB. Untuk itu ke depannya diharapkan akan ada kompetisi antar-SSB.

    Ketua PSSI Kabupatan Madiun, Joko Setiono, mengapresiasi SSB yang dibuka Kodim Madiun. SSB ini sangat bermanfaat untuk pembinaan dan latihan calon atlet.

    Untuk kompetisi sepak bola, dia mengatakan sudah pasti akan digelar. Tahun sebelumnya, PSSI Madiun juga telah menggelar kompetisi sepak bola antarklub.



    Editor : Suharsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.