Sisa Seduhan Kopi Jangan Dibuang! Manfaatkan Buat Ini

Daripada dibuang, sisa kopi ini bisa Anda manfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya perawatan rambut.

Sisa Seduhan Kopi Jangan Dibuang! Manfaatkan Buat Ini Manfaat sisa seduhan kopi. (Detik.com/iStock)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Minum kopi di pagi hari jadi kebiasaan banyak orang. Seringkali kopi yang diseduh dalam jumlah banyak dalam teko pemanas tak habis diminum.

    Sisa air kopi yang dipanaskan terlalu lama atau sudah dingin tak enak lagi diminum. Beberapa orang menyebut sebagai kopi basi.

    Banyak orang yang kemudian membuang sia-sia sisa seduhan kopi begitu saja. Padahal sisa seduhan kopi itu dapat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari.

    Jangan Dibuang, Sisa Bahan Makanan Ini Bisa Ditanam Lagi

    Daripada dibuang, sisa kopi ini bisa Anda manfaatkan untuk beberapa hal, salah satunya perawatan rambut. Berikut manfaat seduhan kopi seperti dikutip dari Detik.com.

    1. Perawatan Rambut

    Untuk membuat rambut berkilau kamu bisa menggunakan sisa seduhan kopi. Coffee Direct mengatakan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi sangat bagus untuk rambut. Seperti dapat menumbuhkan rambut, membuat rambut berkilau hingga menyehatkan kulit kepala.

    Caranya sangat mudah. Setelah keramas, baru tuangkan sisa seduhan kopi tersebut ke kepala. Kemudian gunakan topi mandi dan diamkan selama setengah jam.

    Para Orang Tua, Ayo Coba Cara Mudah ini Untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

    Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat. Direct Coffee menganjurkan untuk mendapat hasil yang maksimal, bisa dilakukan sepekan sekali. Dengan itu, rambut Anda akan lebih tebal dan halus.

    Manfaat Lainnya

    Manfaat sisa seduhan kopi. (Detik.com/iStock)

    2 Pertumbuhan Tanaman

    Selain untuk bagus untuk pertumbuhan rambut, sisa seduhan kopi juga bagus untuk pertumbuhan tanaman. Coffee Direct menyebut bahwa sisa kopi kopi yang encer dapat bermanfaat untuk kesehatan tanaman.

    "Saat diseduh, kopi hitam mengandung kalium dan magnesium, kopi ini bertindak sebagai nutrisi bagi tanaman yang memungkinkan batangnya lebih kuat dan lebih hijau," ujar Coffee Direct.

    Ini Beberapa Kesalahan Keramas yang Tidak Disadari Banyak Orang

    Untuk menggunakan sisa seduhan kopi sebagai pupuk caranya adalah dengan mengencerkan kopi hitam yang diseduh sehingga menjadi rasio 1:4 (kopi:air). Tuangkan kopi tersebut sekali dalam sepekan. Pastikan untuk tidak mencampur dengan pemanis agar tidak mengundang hama.

    3. Membesihkan Noda Kayu

    Manfaat sisa seduhan kopi. (Detik.com/iStock)

    Anda juga dapat memanfaatkan sisa seduhan kopi untuk membersihkan noda pada barang-barang furniture yang berbahan kayu. Coffee Direct mengatakan bahwa kopi bahkan dapat memberikan warna karamel yang indah pada kayu.

    "Kopi bereaksi dengan tanin dalam kayu untuk membantu mengurangi noda hitam dan memberi warna kayu yang seragam," ujar Coffee Direct.

    Raisa Minta Fotonya Diedit Bak Konser di GBK, Hasilnya Kocak Banget

    Cara mengaplikasikannya juga mudah, yaitu amplas permukaan kayu dan gunakan lap untuk melapisi sisa seduhan kopi pada kayu secara merata. Jika kamu menginginkan warna yang lebih gelap, maka kamu membutuhkan lebih banyak sisa seduhan kopi.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.