Sudah Masuk Ramadhan, Yuk Perbaiki Pola Tidur Biar Tidak Gampang Mengantuk

Dengan pola tidur yang baik, Anda tidak akan mudah mengantuk selama bulan puasa.

Sudah Masuk Ramadhan, Yuk Perbaiki Pola Tidur Biar Tidak Gampang Mengantuk Orang biasanya mudah mengantuk saat puasa. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Salah satu hal yang kerap terjadi saat bulan puasa adalah mengantuk. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan sistem dalam tubuh dan juga kekurangan oksigen akibat tidak ada asupan cairan dan makanan yang masuk.

    Di sisi lain, pola tidur Anda mungkin berubah selama puasa karena harus bangun malam hari untuk makan sahur. Oleh sebab itu, untuk menyiasatinya Anda harus memperbaiki pola tidur. Hal ini membantu Anda agar tidak mudah mengantuk saat puasa. Apalagi jika Anda harus beraktivitas di kantor siang hari.

    Ini Menu Sahur Yang Mudah & Praktis, Cocok Untuk Anak Kos

    Berikut cara memperbaiki pola tidur, seperti dirangkum Madiunpos.com dari Sleep.org:

    1. Sesuaikan jam bangun

    Ilustrasi. (indiatimes)

    Salah satu alasan mengapa orang senang begadang adalah karena mereka merasa tidak lelah. Maka dari itu langkah awal untuk mengubah pola tidur adalah memastikan anda merasa mengantuk di malam hari dengan cara bangun lebih cepat dari biasanya.

    #Kamismisteri: Lima Tempat Angker Di Jawa Timur, Berani Datang?

    2. Lakukan perlahan

    Jika bangun sahur dirasa terlalu pagi bagi anda, cobalah untuk mengatur alarm lebih awal tapi lakukan dengan perlahan. Misalnya hari ini mundurkan 30 menit, besoknya 30 menit lagi, dan sampai akhirnya tiba di jadwal yang kamu inginkan.

    3. Hindari cahaya

    Ilustrasi. (considrable.com)

    Saat malam hari coba kurangi sumber cahaya di rumah, terutama kamar tidur. Cahaya diketahui dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab terhadap rasa kantuk.

    Sering Ngomong Sendiri Ternyata Bisa Menyehatkan Otak, Lho!

    Oleh karena itu bila sudah malam kurangi cahaya di rumah sehingga anda bisa lebih mudah terlelap.

    4. Majukan jadwal malam

    Bila memungkinkan, coba majukan waktu kegiatan-kegiatan yang biasa anda lakukan di malam hari. Tujuannya agar anda bisa lebih cepat tidur di malam hari dan lebih mudah untuk bangun sahur.

    Setelah Ningsih Tinampi, Giliran Seniman Surabaya Klaim Temukan Obat Corona

    5. Konsisten

    Kunci untuk membuat tubuh cepat terbiasa dengan pola tidur yang baru adalah dengan konsisten melakukannya. Tubuh juga bisa mendapat manfaat dari tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.