Waspadai Pencurian Mobil, Kenali Waktu Favorit Maling Beraksi

Dini hari menjadi waktu favorit para maling mobil beraksi.

Waspadai Pencurian Mobil, Kenali Waktu Favorit Maling Beraksi Ilustrasi pencuri mobil. (JIBI/solopos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Di tengah situasi ekonomi yang tengah terpuruk akibat pandemi, kita perlu mewaspadai meningkatnya angka kejahatan. Selain rumah, kendaraan bermotor menjadi sasaran umum aksi kejahatan.

    Pencurian kendaraan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Namun, ada "waktu favorit" buat pencuri untuk melancarkan aksinya. Kapan waktu favorit itu?

    Seperti dikutip Madiunpos.com dari detik.com, malam hari jadi waktu paling sering terjadi pencurian mobil. Saat gelap aksi mencongkel dan membawa kabur mobil lebih minim risiko. Apalagi si pemilik kendaraan kemungkinan besar sudah terlelap.

    Sudah Masuk Ramadhan, Yuk Perbaiki Pola Tidur Biar Tidak Gampang Mengantuk

    "Tapi biasanya waktu favorit yang mereka pilih adalah antara jam 2-3 dini hari saat kebanyakan orang terlelap tidur," kata Service Manager Auto2000, Suparna, kepada detik.com melalui pesan singkat pada detikOto.

    Memiliki kamera pengawas (CCTV) di rumah akan membantu mengurangi risiko jadi korban pencurian kendaraan. Soalnya pelaku pencurian biasanya butuh melakukan survei lebih dulu sebelum beraksi.

    "Kemudian biasanya kalau mereka kesulitan melakukan aksinya karena ada pengaman yang bagus biasanya mereka akan rapikan mobil dulu. Ditinggal dan kembali lagi pada waktu aman berikutnya dengan part atau peralatan yang lebih memudahkan aksinya," jelas Suparna.

    Mau Jadi Tempat Isolasi Pemudik, Ini Sejarah Kelam Rumah Tahanan Militer Madiun

    "Lebih baik lagi pasangkan kamera yang terkoneksi dengan perangkat gadget yang mana bila ada gerakan mencurigakan di sekitar kendaraan maka akan ada pemberitahuan di gadget. Sehingga antisipasinya pasti akan lebih tepat juga," tuturnya.

    Pemasangan GPS pada mobil atau kunci ganda akan sangat membantu menghindari jadi korban pencurian. Hal sederhana lain yang bisa dilakukan adalah memasang kaver mobil.

    "Jangan lupa pemasangan kaver mobil yang bagus, selain menambah keamanan juga bisa melindungi cat kendaraan dari bercak akibat debu yang disertai hujan dan panas matahari," tutupnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.