Tak Terima Keluarga Divonis Meninggal Covid-19, Jenazah Diambil Paksa Pakai Bed Pasien

Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto, mengatakan keluarga pasien tidak percaya dan tidak terima S dinyatakan meninggal karena terpapar Covid-19.

Tak Terima Keluarga Divonis Meninggal Covid-19, Jenazah Diambil Paksa Pakai Bed Pasien Keluarga mengambil paksa jenazah Covid-19 dari RSI Sumenep, Madura. (tangkapan layar/Detikcom)

    Madiunpos.com, SUMENEP –Keluarga di Sumenep, Madura, mengambil paksa jenazah pasien Covid-19 dari RSI Sumenep. Jenazah itu dibawa memakai tempat tidur pasien hingga sekitar 1 km dari rumah sakit.

    Selanjutnya mereka diantar menggunakan ambulans desa hingga rumah duka di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, Sumenep.

    Aksi ambil paksa jenazah Covid-19 itu terjadi siang tadi. Detik-detik pengambilan jenazah terekam kamera HP warga. Dalam video tampak sejumlah keluarga dari jenazah tersebut histeris, karena tidak ada ambulans yang mau membawanya.

    Wanita Terjun dari Jembatan Bengawan Solo Setinggi 20 Meter di Ngawi

    Jenazah tersebut yakni S , 47. Ia masuk RSI Sumenep pada 13 Januari 2021 karena sakit kencing manis atau diabetes.

    Saat dimintai konfirmasi, Humas RSI di daerah Kalianget, Sumenep, Yanti, membenarkan pengambilan paksa jenazah Covid-19. Namun ia belum bersedia memberikan keterangan lebih banyak kepada media.

    Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto, mengatakan bersama dokter rumah sakit sudah berusaha memberikan pengertian kepada keluarga pasien agar jenazah diurus dengan protokol kesehatan, karena positif Covid-19.

    Baca Juga: Ambil Paksa Jenazah Covid-19, 12 Warga Probolinggo Menyerahkan Diri

    "Kami sudah mengimbau, mengedukasi, menyarankan. Namun pihak keluarga bersikeras ngotot tidak menginginkan diantar ambulans, tidak menginginkan dikuburkan secara protokol Covid-19," kata Iptu Maliyanto, Minggu (24/1/2021).

    "Keluarga besarnya [pasien] bersikeras menginginkan tidak dikuburkan secara Covid karena beranggapan keluarganya meninggal bukan karena Covid."

    Menurut Maliyanto, keluarga pasien tidak percaya dan tidak terima S dinyatakan meninggal karena terpapar Covid-19. Sehingga jenazah langsung diambil paksa dari ruang isolasi oleh keluarganya dan dibawa pulang.

    Bukan Mars, Planet Ini Disarankan Ilmuwan Sebagai Tempat Tinggal Manusia



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.