Uji Klinis Vaksin Sinovac Dimulai, Ini Fakta-Fakta Menariknya!

Ada sejumlah fakta-fakta menarik tentang vaksin corona Sinovac yang akan diuji klinis mulai hari ini.

Uji Klinis Vaksin Sinovac Dimulai, Ini Fakta-Fakta Menariknya! Vaksin Sinovac buatan China. (sinovac.com.cn/

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Hari ini uji klinis vaksin Covid-19 bernama Sinovac dari China akan mulai dilakukan. Bandung, Jawa Barat, dipilih menjadi lokasi uji klinis yang direncanakan berjalan selama enam bulan.

    Apabila uji klinis yang ditarget setelah pada Januari 2021 ini lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya secara massal pada kuartal I 20201.

    Mengutip detik.com, ini 5 fakta vaksin Corona Sinovac yang sebentar lagi akan melakukan uji klinis di Indonesia.

    Banyak Orang Salah Kaprah, Ini Beda Antibodi, Obat, dan Vaksin

    1. Metode pembuatan vaksin

    Salah satu alasan pemilihan Sinovac sebagai mitra adalah platform vaksin atau metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma. Metode pengembangan vaksin yang dilakukan adalah metode inaktivasi.

    Inaktivasi adalah metode pembuatan vaksin dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu.

    2. Siapa saja yang jadi sukarelawan?

    Uji klinis vaksin Corona Sinovac rencananya akan melibatkan sekitar 1.620 sukarelawan atau partisipan. Sukarelawan yang mengikuti uji klinis vaksin corona diharapkan berdomisili di Bandung berada dalam rentang usia produktif dan dalam kondisi yang sehat.

    Mantap! Vaksin Covid-19 Dari 3 Negara Sudah Masuk Indonesia

    Hal tersebut dilakukan guna mempermudah proses pemantauan uji klinis vaksin selama enam bulan lebih. "Hanya yang tinggal di Kota Bandung. Kalau luar kota mau ikut ini, pindah dulu ke Kota Bandung," kata anggota Tim Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kusnandi Rusmil, di Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jl. Eyckman nomor 38 Kota Bandung, Rabu (22/7/2020).

    3. Adakah efek sampingnya?

    Kusnandi mengatakan dalam pemberian vaksin kemungkinan terdapat dua efek samping di antaranya efek lokal dan sistemik. "Efek sampingnya dua, reaksi lokal dan sistemik. Reaksi lokal di tempat suntikan ada merah, bengkak, nyeri dalam 48 jam sudah hilang lagi," kata Kusnandi.

    Lembaga Eijkman : Bibit Vaksin Merah Putih Diharapkan Selesai 2021

    4. Tempat uji klinis

    Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad), Eddy Fadlyana, mengatakan uji klinis tahap ketiga vaksin corona Sinovac akan dilakukan di enam tempat di Kota Bandung. Keenam tempat tersebut adalah:

    • Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad
    • Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur, dan
    • Puskesmas Ciumbuleuit
    • Puskesmas Puskesmas Garuda
    • Puskesmas Dago
    • Puskesmas Sukaparkir.

    Selain di Indonesia, uji klinis fase 3 vaksin ini juga dilakukan di Brasil dan Bangladesh.

    Obat Cacing Ini Diklaim Lebih Ampuh Atasi Covid-19 Ketimbang Remdesivir

    5. Harga vaksin diperkirakan Rp145.000 per dosis

    Dikutip dari CNNIndonesia, PT Bio Farma (Persero) mematok harga vaksin corona di kisaran USD 5 hingga USD 10 per dolar AS atau setara Rp 72.500 hingga Rp 145.000 per dosisnya.

    Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan rentang harga tersebut masih bisa berubah. "Harga vaksin masih kami hitung, untuk perkiraan sementara estimasi USD 5-USD 10," ujarnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.