UJIAN NASIONAL : UN Berbasis Komputer Waspadai Listrik Padam, Siapkan Genset

UJIAN NASIONAL : UN Berbasis Komputer Waspadai Listrik Padam, Siapkan Genset UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

    Ujian Nasinoal berbasis komputer adalah langkah maju di dunia pendidikan. Namun, bagaimana dengan listriknya?

    Madiunpos.com, JOMBANG – Tiga sekolah di Jombang pekan depan akan menggelar Ujian Nasional (UN) SMA/SMK sederajat berbasis komputer (CBT). Meski fasilitas telah siap, UN online ini terkendala listrik yang kerap kali tiba-tiba padam.

    "Yang perlu diantisipasi adalah listrik padam yang akan menjadi kendala penyelenggaran UN CBT," ujar Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang Fatkhurrahman, Jumat (10/4/2015).

    Fatkhurrahman mengimbau agar masing-masing sekolah menyiapkan genset. Hal itu untuk mengantisipasi jika listrik tiba-tiba padam. "Sudah disiapkan genset di setiap ruangan ujian. Apabila listrik padam menggunakan genset," lanjut Fatkhurrahman.

    Fatkhurrahman menambahkan, UN CBT digelar di SMAN 2 Jombang, SMKN 1 Jombang, dan SMA Darul Ulum 2 Peterongan. Peserta UN berbasis komputer itu mencapai 1.142 orang. Di SMAN 2 diikuti 287 peserta, di SMA Darul Ulum 2 diikuti 298 peserta, di SMKN 1 diikuti 557 peserta.

    "Kesiapan fasilitas komputer sudah siap, setiap sekolah menyediakan sepertiga komputer dari jumlah peserta, dan sudah diverifikasi," kata Fatkhurrahman.

    Lantaran setiap komputer untuk 3 peserta UN, lanjut Fatkhurrahman, maka UN CBT di tiga sekolah itu dibagi dalam tiga shift. Pada UN tulis, dalam sehari peserta mengerjakan soal dua mata pelajaran, maka peserta UN CBT hanya mengerjakan soal satu mata pelajaran.

    "UN CBT nanti mulainya bersamaan dengan UN tulis. Namun, UN online berlangsung selama enam hari. Pelaksanaan mulai Senin sampai Kamis, dilanjutkan Senin sampai Selasa pekan berikutnya," ungkapnya.

    UN 2015 tingkat SMA/SMK sederajat akan digelar serentak pada 13-15 April mendatang. Peserta UN keseluruhan di Jombang sebanyak 18.501. Peserta SMA sebanyak 5.686 orang, SMK 7.513 peserta, dan dari MA (Madrasah Aliyah) 5.302 peserta.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.