Viral Foto X-Ray Ratusan Jarum di Tubuh Pasien, Ini Tanggapan Dunia Medis Tentang Susuk

Foto hasil X-ray yang menunjukkan banyaknya susuk dalam tubuh seorang pasien viral di media sosial.

Viral Foto X-Ray Ratusan Jarum di Tubuh Pasien, Ini Tanggapan Dunia Medis Tentang Susuk Hasil pemindaian x-ray menunjukkan ratusan susuk di dalam tubuh pasien berusia 55 tahun (twitter.com / @AREAJULID)

    Madiunpos.com, MADIUN – Jagat media sosial baru-baru ini dikejutkan dengan sebuah unggahan yang menunjukkan hasil pemindaian X-ray alias sinar X yang menampilkan ratusan jarum susuk pada seorang pasien berusia 55 tahun.

    Hal itu pertama kali diunggah di Instagram story oleh akun @tasyabira pada Kamis (17/9/2020). Dia menyebutkan tengah mengerjakan studi kasus penggunaan susuk yang terdeteksi scan mesin x-ray. Salah satunya terkait pasien berusia 55 tahun. Hasil pemindaian memperlihatkan ratusan susuk berupa bertebaran di dalam tubuh pasien. Umumnya susuk terbuat dari emas dan tembaga, maka ketika melalui pemindai mesin x-ray susuk tersebut terlihat.

    Unggahan foto tersebut juga diunggah ulang oleh akun twitter @AREAJULID di hari sama dan sempat menduduki trending 1 di Twitter. Banyak warganet memberikan tanggapannya. Hingga Kamis (17/9/2020) malam pukul 18.30, unggahan itu telah mendapat 15.000 likes dan di-retweet sebanyak 3.440 kali.

    Keren! Gadis Cantik Asal Madiun Ini Terpilih Jadi Duta Anti Narkoba Jatim

    “Tolong ya buka wawasan kalian, jangan langsung nge-judge itu adalah susuk. Bisa jadi itu trend terbaru investasi logam mulia. Takut kemalingan kalau di simpan di rumah, makanya di injeksi ke dalam tubuh. Sekali lagi buka wawasannya dan jangan kampungan,” tulis akun @yozerxx.

    “Mungkin ada orang medis disini? Itu seriusan susuk atau penyakit,” tulis akun @Nonnamanyst bertanya-tanya.

    Akun @foolishforu berusaha menjelaskan, “Itu yang snapgram in orang medis kok kak, dia lagi bikin laporan tentang misteri susuk keliatan di x-ray tapi pas dibedah gak ada.”

    “Susuk itu bentuknya kayak paku kecil ukuran 1 cm terus dimasukin ke dalam kulit. Susuk juga banyak jenisnya ada yang dari emas, berlian, intan dan lain-lain tergantung harganya,” tulis akun @Larraass_.

    Viral! Wanita Ini Curcol Kena Sanksi Rp50.000 karena Turunkan Masker di Dagu

    Lantas bagaimana tanggapan dunia medis mengenai susuk?

    Susuk merupakan "jarum bermantra" yang dimasukkan ke area bawah kulit, bisa pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Banyak yang percaya bahwa susuk dapat membuat seseorang awet muda, menambah karisma, dan mendatangkan keberuntungan. Selain itu alasan orang memasang susuk adalah untuk meredakan nyeri kepala, nyeri pada punggung, dan persendian.

    Melansir dari klikdokter.com, walaupun susuk merupakan benda asing yang masuk ke dalam tubuh, hingga saat ini belum ada laporan mengenai infeksi atau efek tak diinginkan dari penggunanya. Hal tersebut cukup mengejutkan mengingat kebersihan dari pemasangan susuk cukup meragukan.

    Tidak diketahui dan tak ada jaminan bahwa prosedur pemasangan ini dilakukan secara steril. Misalnya dengan membakar jarumnya atau merendam dalam alkohol. Begitu juga dengan lokasi tempat prosedur dilakukan, apakah cukup higienis atau tidak.

    4 Sayur Ini Dianggap Tersehat dan Mampu Melindungi Dari Berbagai Penyakit. Apa Saja?

    Pada kasus kecelakaan, susuk dapat menyebabkan salah diagnosis. Dokter bisa saja mengira susuk sebagai suatu benda asing yang masuk ke dalam tubuh akibat dari kecelakaan tersebut. Ditambah pula pengguna susuk jarang mau mengakui bahwa ia memakai susuk.

    Walaupun tidak ditemukan efek buruk dari penggunaan susuk, sebaiknya Anda tetap berhati-hati. Jika mengalami keadaan darurat, seperti kecelakaan, informasikan hal ini pada tenaga medis agar terhindar dari kesalahan diagnosis.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.